Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Groundbreaking IKN Tahap 3 Digelar Bulan Depan, Ini Daftarnya

Otorita Ibu kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan rencana groundbreaking gelombang 3 di IKN direncanakan tetap terealisasi pada pekan kedua Desember 2023.
Foto udara proses pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (22/8/2023).  ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Foto udara proses pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (22/8/2023). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Otorita Ibu kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan rencana groundbreaking gelombang 3 di IKN direncanakan akan tetap terealisasi pada pekan kedua Desember 2023.

Juru Bicara OIKN Troy Pantouw memberi catatan, jadwal tersebut masif tentatif dan dapat berubah menyesuaikan ketersediaan jadwal Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Itu [groundbreaking tahap 3] di pertengahan Desember 2023, cuma tanggalnya masih belum ditentukan pastinya. Tunggu waktu dan kesediaan Pak Presiden sebenarnya yang terutama, tapi dari Otorita IKN sendiri sekarang kami tengah mempersiapkan untuk groundbreaking tersebut," jelasnya saat ditemui di Kantor OIKN, Jumat (24/11/2023).

Troy juga menjelaskan, proses groundbreaking Desember 2023 akan terdiri atas tiga aspek besar. Salah satunya, yakni mencakup aspek yang menunjang pemeliharaan lingkungan hidup dan sumber daya alam.

Kemudian, sejumlah aspek yang akan di groundbreaking pada gelombang 3 tersebut juga menyangkut pembangunan infrastruktur yang terkait dengan kebutuhan masyarakat hingga sejumlah kantor lembaga negara.

"Kita masih belum bisa sampaikan nama-nama lembaganya karena semua sedang berproses. Nanti kalau sudah, ketika sudah mendekati tanggal paling tidak seperti yang kemarin akan kita sampaikan detailnya," tuturnya.

Adapun, proses groundbreaking tahap 3 di Ibu Kota Nusantara pada Desember 2023 tersebut dilaporkan mencakup nilai investasi sebesar Rp10 triliun.

Sebelumnya, Kepala OIKN Bambang Susantono menjelaskan, sejumlah proyek yang kemungkinan besar akan di groundbreaking lebih dahulu merupakan fasilitas-fasilitas umum yang diinisiasi oleh berbagai yayasan lingkungan.

"Tergantung kesiapan Presiden. Kami juga mengusulkan ada beberapa gerakan juga, misalnya gerakan Sabuk Hijau yang diinisiasi Andi Noya dan teman-teman, itu merupakan sesuatu yang bukan groundbreaking tapi bisa disampaikan ke masyarakat. Jadi, groundbreaking bukan hanya fisik tapi yang berhubungan dengan lingkungan juga. Jadi apakah jadi Desember, tergantung jadwal Presiden, paling tidak Januari ada" tuturnya lebih rinci.

Di samping itu, Bambang juga memberi sinyal bahwa dua pusat grosir akan mulai dibangun di IKN dalam waktu dekat.

Mengacu pada dokumen milik OIKN, berikut daftar 10 proyek yang diperkirakan akan menggelar groundbreaking pada Desember 2023:

1. Kantor Otoritas Jasa keuangan (OJK)

2. Kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)

3. Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS Kesehatan)

4. Homebase Nusantara United Football Club (NUFC)

5. Kawasan Olahraga Berkuda (Equestrian Park)

6. Gerakan Sabuk Hijau Nusantara  (Crow-sourcing untuk reforestasi)

7. Pulau Suaka Orang Utan oleh Yayasan Arsari

8. Jambuluwuk Hotel dan Resort

9. GrandLucky

10. Indogrosir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper