Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengguna KRL Diprediksi Membludak Hingga 950.000 Hari Ini, Senin 13 November 2023

Berdasarkan data November 2023 ini, rata-rata pengguna KRL Commuter Line tiap hari Senin sebanyak 926.068 orang per hari.
Sejumlah penumpang berada di dalam gerbong Kereta Rel Listrik di Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (2/1/2022). Bisnis/Suselo Jati
Sejumlah penumpang berada di dalam gerbong Kereta Rel Listrik di Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (2/1/2022). Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (persero) atau KAI memproyeksikan pada awal pekan terutama hari Senin sebagai hari dengan jumlah pengguna KRL Commuter Line paling padat dibandingkan dengan hari-hari lainnya. 

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menyampaikan berdasarkan data November 2023 ini, rata-rata pengguna KRL Commuter Line tiap hari Senin sebanyak 926.068 orang per hari. Angka tersebut lebih tinggi 28% jika dibanding dengan rata-rata volume pengguna pada libur akhir minggu sepanjang November ini yaitu sebanyak 723.843 orang per hari nya.

“Pada Senin, 13 November 2023, KAI Commuter memprediksi sebanyak 950.000 pengguna akan menggunakan Commuter Line,” ujarnya melalui keterangan resmi, Minggu (12/11/2023). 

Melihat selisih penggguna Commuter Line yang cukup besar antara hari Senin dan hari libur akhir pekan, KAI Commuter mengimbau para pengguna untuk kembali ke Jakarta ataupun lokasi aktivitas kerjanya dengan memanfaatkan kondisi Commuter Line yang cenderung lebih lengang pada akhir pekan ini untuk menghindari kepadatan di stasiun pada Senin pagi.

Sementara itu pada Hari ini Minggu, (12/11/2023) hingga pukul 18.00 WIB, tercatat sebanyak 456.750 orang yang naik Commuter Line. Terpantau di stasiun pemberangkatan seperti Stasiun Bogor, volume pengguna yang naik dari stasiun tersebut sebanyak 30.423 orang, sementara itu di Stasiun Tanah Abang sebanyak 30.275 orang, di Stasiun Citayam tercatat 18.601 orang, Stasiun Bekasi 16.121 orang, dan Stasiun Bojonggede 14.894 orang pengguna.

KAI Commuter mengoperasikan 1.095 perjalanan Commuter Line Jabodetabek tiap harinya mulai pukul 04.00 – 24.00 WIB Persebaran pengguna pada hari kerja juga masih terfokus pada jam-jam sibuk pagi yaitu pukul 05.30 – 07.30 WIB, dan sore mulai pukul 16.00 – 18.00 WIB.

Sebagai alternatif pilihan masyarakat sekitar wilayah Tangerang untuk menuju kawasan sekitar Sudirman atau sebaliknya, KAI Commuter mengoperasikan 56 perjalanan Commuter Line Basoetta tiap harinya dari pukul 05.00 – 22.45 WIB..

KAI Commuter juga terus mengimbau kepada seluruh pengguna dalam menggunakan Commuter Line untuk selalu mengikuti aturan-aturan yang berlaku dan selalu menghormati pengguna lainnya. Gunakan aplikasi C-Access untuk mendapatkan info jadwal perjalanan, kepadatan di stasiun, serta posisi Commuter Line yang akan dinaiki secara real time.

Bagi pengguna yang sedang menunggu perjalanan Commuter Line di area stasiun, dahulukan pengguna yang akan keluar dan menunggu perjalananya di belakang garis kuning dan selalu memperhatikan celah antara peron dengan Kereta.

KAI Commuter juga mengimbau untuk selalu mempersiapkan payung, jaket, atau jas hujan saat pergi beraktivitas. Dalam kondisi hujan gunakan alas kaki yang tidak licin untuk keselamatan dan keamaan selama menggunakan Commuter Line.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper