Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) Oktober 2023 Anjlok ke Level 50,70

Tren penurunan Indeks Kepercayaan Industri (IKI) ini berlangsung sejak pertengahan tahun ini.
Aktivitas karyawan di salah satu pabrik di Jakarta, Jumat (20/9/2019). Bisnis/Arief Hermawan P
Aktivitas karyawan di salah satu pabrik di Jakarta, Jumat (20/9/2019). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat penurunan indeks kepercayaan industri (IKI) Oktober 2023 yang menyentuh level 50,70 atau melambat 1,81 poin dibandingkan September 2023 yang mencapai 52,51. 

Tren perlambatan terjadi sejak Juni 2023 yang berada di level 53,93 yang sempat naik dari posisi Mei sekitar 50,9. Pada Juli, IKI mencapai level 53,31 turun 0,60 poin. Selanjutnya, pada Agustus level IKI turun 0,09 poin menjadi 53,22 dan kembali melambat 0,71 poin menjadi 52,51 pada September. 

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arief mengatakan terdapat 3 faktor pemicu merosotnya level IKI Oktober 2023. Pertama, penurunan daya beli dan permintaan global. 

"Adanya tren perlambatan pertumbuhan global, khususnya pada negara mitra dagang utama Indonesia, seperti Amerika Serikat, China, Eropa, menyebabkan penurunan drastis terhadap permintaan manufaktur Indonesia," kata Febri dalam rilis IKI di Kantor Kemenperin, Selasa (31/10/2023).  

Sementara itu, penurunan daya beli di pasar domestik dipicu oleh kenaikan harga energi, khususnya Bahan Bakar Minyak (BBM), serta kenaikan suku bunga yang menyebabkan cost of fund atau total biaya bunga yang dikeluarkan sektor manufaktur meningkat, sehingga memicu kenaikan harga barang produksi. 

Kedua, penyebab penurunan IKI yaitu melemahnya nilai tukar rupiah yang menyebabkan biaya input untuk produk dengan bahan baku impor semakin tinggi sehingga terjadi kenaikan biaya produksi, sebagai catatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS semakin menurun dalam 5 bulan berturut-turut. 

Pelemahan rupiah juga dapat menjadi peluang bagi produsen untuk menggunakan bahan baku lokal. Kemenperin juga mendorong industri manufaktur yang berorientasi ekspor untuk memperluar pasar. 

"Ketiga, kami melihat bahwa kinerja penegak hukum dan K/L terkait nampaknya belum sepenuhnya bisa meredam banjir barang-barang impor dan barang ilegal lainnya yang menggerogoti pasar produsen domestik," ujarnya. 

Beberapa sektor yang mengalami penurunan IKI tertinggi, yaitu industri mesin dan perlengkapan, industri pengolahan tembakau, dan industri komputer, barang elektronik, dan optik.

Kendati mengalami perlambatan, IKI Oktober 2023 masih berada dalam fase ekspansi. Adapun, share subsektor IKI yang mengalami ekspansi terhadap PDB industri pengolahan nonmigas triwulan II/2023 sebesar 78%. 

Variabel pesanan baru dan produksi mengalami ekspansi sebesar 51,72 dan 50,83. Sedangkan, variabel persediaan produk masih kontraksi menjadi sebesar 47,95 pada Oktober dari 47,40 pada September 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper