Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akses Penumpang KRL di Stasiun Manggarai Diubah Mulai Besok

Kemenhub akan menubah akses bagi penumpang KRL Jabodetabek di Stasiun Manggarai mulai besok, 14 Oktober 2023.
Rangkaian kereta rel listrik atau KAI Commuter melintas di Jakarta, Senin (18/9/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha
Rangkaian kereta rel listrik atau KAI Commuter melintas di Jakarta, Senin (18/9/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan penyesuaian akses bagi para penumpang KRL Jabodetabek di Stasiun Manggarai mulai besok, 14 Oktober 2023.

Hal ini dilakukan seiring dengan dimulainya tahap akhir pembangunan peron 1, 2, dan 3 di stasiun tersebut yang nantinya akan menjadi stasiun sentral.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal memaparkan pihaknya akan menutup jalur perlintasan penumpang (passenger crossing) sisi selatan agar pembangunan peron I, dan menyambung peron II dan III dapat dilakukan.

"Pemindahan akses ini akan dilakukan mulai 14 Oktober 2023 setelah sebelumnya dilakukan pengecekan dan persiapan pada 10-12 Oktober lalu," kata Risal dalam keterangan resminya, Jumat (13/10/2023).

Sebagai alternatif, Kemenhub akan membuat akses perlintasan penumpang sementara untuk penumpang melintas di area at grade atau lantai dasar Stasiun Manggarai. Selain itu, akan dioperasikan pula area concourse lantai 1 dengan membuka partisi pada gedung baru Stasiun Manggarai.

Selain itu, pihaknya juga tengah mempersiapkan akses lift menuju peron I untuk menunjang aksesibilitas penumpang sebagai kompensasi atas ditutupnya perlintasan penumpang sisi selatan.

Risal menambahkan, persiapan perpindahan akses yang dilakukan di Stasiun Manggarai mencakup pembongkaran partisi, pemasangan akses ramp pada perlintasan penumpang sementara, hingga pengaktifan lift menuju peron I.

“Selama proses pekerjaan, kami harapkan masyarakat pengguna jasa layanan kereta api dapat mematuhi arahan petugas dan tidak perlu terburu-buru ketika beraktivitas di sekitar area proyek demi menjaga keselamatan kita bersama,” kata Risal.

Sementara itu, Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter Asdo Artriviyanto mengatakan, penutupan perlintasan penumpang sisi selatan selama proses pembangunan Stasiun Manggarai dilakukan untuk memastikan keselamatan pengguna di area stasiun.

Asdo memaparkan, perlintasan penumpang yang ada saat ini masih sebidang dengan jalur kereta api. Hal ini dapat membahayakan keselamatan pengguna di area stasiun saat melintas jalur kereta api dan keselamatan pengguna selama proses kontruksi pembangunan Stasiun Manggarai.

Nantinya pengguna yang akan keluar atau masuk stasiun dari arah pintu Timur dapat melalui akses perlintasan penumpang sementara di lantai dasar Stasiun Manggarai dan menuju lantai 1 stasiun. 

KAI Commuter juga akan menyiagakan petugas di jam-jam sibuk untuk mengarahkan dan mengatur flow pengguna saat akan keluar dan/atau masuk stasiun.

“Pengguna Commuter Line yang akan keluar masuk Stasiun Manggarai dari arah Timur akan lebih terjamin keselamatannya untuk menuju atau dari arah peron jalur 6-7 atau peron jalur 8.” tutup Asdo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper