Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhub Budi Sampai Terperangah, Kereta Cepat Ganti Nama Jadi Ini

Menhub Budi Karya sampai terperangah usai tahu nama Kereta Cepat Jakarta Bandung ganti menjadi Kereta WHOOSH Indonesia.
Direktur CRRC Sun Yongcai  bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) sedang melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), Sabtu (9/9/2023). / BISNIS - Crysania Suhartanto
Direktur CRRC Sun Yongcai bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) sedang melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), Sabtu (9/9/2023). / BISNIS - Crysania Suhartanto

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah mengumumkan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) akan memiliki jenama atau branding baru dengan nama Kereta WHOOSH Indonesia.

Ketua Tim Panel Penilai Lomba Identitas Jenama Kereta Cepat Indonesia, Triawan Munaf memaparkan, nama ‘WHOOSH’ dipilih setelah uji coba kereta cepat yang dilakukan oleh pemerintah.

Selain itu, istilah Whoosh juga sesuai dengan karakteristik moda transportasi ini. Dia menjelaskan, whoosh digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu yang bergerak dengan kecepatan tinggi.

Adapun, nama WHOOSH juga memiliki kepanjangan dari Waktu Hemat Operasi Optimal, Sistem Handal.

“Jadi ini akan menjadi istilah yang sesuai. WHOOSH ini dalam bahasa asing artinya cepat. Kalau di Jepang ada Shinkansen, sekarang kita punya WHOOSH di Indonesia,” jelas Triawan dalam konferensi pers secara daring, Kamis (21/9/2023).

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan nama Kereta WHOOSH Indonesia ini juga akan dibarengi dengan kemunculan logo baru. Dia menuturkan, pemerintah telah melakukan sayembara desain logo Kereta WHOOSH sejak Juli 2023.

Dia menuturkan, sebanyak 10 desainer mengikuti sayembara tersebut dan telah mengumpulkan desainnya. Dari jumlah tersebut, pemerintah telah mengerucutkannya menjadi 3 logo yang akan menjadi finalis.

Masyarakat dapat mengakses keterangan terkait 3 logo finalis Kereta WHOOSH Indonesia melalui laman kcic.co.id/jenamakeretaapicepat.

Budi Karya berharap, pemberian branding kereta cepat ini dapat menjadi kebanggan masyarakat Indonesia. Dia mengatakan, masyarakat bisa berbangga dengan moda kereta api berkecepatan tinggi pertama di kawasan Asia Tenggara tersebut.

Dia juga merespons positif perubahan nama kereta cepat menjadi Kereta WHOOSH Indonesia. Budi Karya bahkan menyebut nama kereta cepat Indonesia ini lebih bagus dibandingkan kereta cepat Jepang yang dinamakan Shinkansen.

“Saya terperangah ya, bagus juga. Itu pasti keren banget kalau dijadikan kaus,” kata Budi Karya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper