Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mulai Hari Ini, Tol Binjai-Langsa Segmen Stabat-Kuala Bingai Beroperasi Gratis

Hutama Karya mulai mengoperasikan Tol Binjai-Langsa segmen Stabat-Kuala Bingai secara gratis mulai hari ini, Rabu (20/9/2023) pukul 07.00 WIB.
Tol Binjai - Langsa Segmen Stabat - Kuala Bingai Segera Beroperasi Tanpa Tarif Dalam Waktu Dekat/Hutama Karya
Tol Binjai - Langsa Segmen Stabat - Kuala Bingai Segera Beroperasi Tanpa Tarif Dalam Waktu Dekat/Hutama Karya

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) atau Hutama Karya mulai mengoperasikan Tol Binjai-Langsa segmen Stabat-Kuala Bingai secara gratis mulai hari ini, Rabu (20/9/2023) pukul 07.00 WIB. 

Adapun, ruas tol ini terbentang sepanjang 7,55 kilometer (km) yang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatra. Sebelumnya, Hutama Karya telah mengoperasikan Tol Binjai – Langsa Seksi 1 (Binjai – Stabat) sepanjang 12,3 km sejak tanggal 11 Februari 2022.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, selama fase pengoperasian akan dilakukan sosialisasi sistem beroperasi tanpa biaya dan penggunaan kartu uang elektronik.

"Kartu uang elektronik saat ini merupakan alat transaksi yang sangat krusial terutama di jalan tol dikarenakan saat ini sudah serba cashless sehingga kami imbau bagi pengguna jalan tol yang ingin melintas untuk dapat mengecek keadaan fisik dan saldo kartu uang elektronik terlebih dahulu," kata Tjahjo, Rabu (20/9/2023). 

Kendati gratis, pengendara tetap perlu memastikan kartu uang elektronik yang digunakan harus dalam keadaan baik dengan cip kartu yang masih berfungsi serta memastikan bahwa saldo kartu uang elektronik cukup. 

Selama masa sosialisasi, ruas yang dikenakan tarif gratis hanya Stabat hingga Kuala Bingai dan sebaliknya saja. Artinya, pengguna jalan yang melintas dari arah Binjai ke Stabat atau sebaliknya tetap dikenakan tarif normal.

"Untuk estimasi tarif segmen Stabat – Kuala Bingai akan kami informasikan setelah Kepmen tarif jalan tol ini dikeluarkan oleh Kementerian PUPR. Namun, dapat diperkirakan sekitar Rp1.262 per km-nya," tuturnya.

Lebih lanjut, Tjahjo juga mengimbau pengguna jalan untuk selalu mengutamakan keselamatan saat berkendara di jalan tol dengan terus mengikuti aturan dan tata tertib yang berlaku sesuai. 

Di samping itu, para pengendara juga diimbau untuk senantiasa mematuhi ketentuan yang telah di tetapkan, di antaranya memacu kendaraan dengan kecepatan maksimal 80 km per jam, menjaga jarak aman dengan kendaraan didepan minimal 10-20 meter, hingga memastikan kendaraan tidak melebihi muatan. 

Jalan Tol Binjai - Langsa memiliki total panjang 130,9 kilometer. Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yang memiliki dua seksi.

Seksi 1 Binjai-Pangkalan Brandan sepanjang 64,70 kilometer, sedangkan Seksi 2 mencakup ruas Pangkalan Brandan - Langsa sepanjang 66,20 kilometer.

Sebelumnya, Hutama Karya telah terlebih dahulu mengoperasikan Jalan Tol Binjai - Langsa Seksi Binjai - Stabat sepanjang 11,8 KM pada 11 Februari 2022 lalu. 

Jalan Tol Binjai - Langsa dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya (Persero) dengan nilai investasi senilai Rp23,35 triliun. Nantinya, jalan tol ini akan memiliki lima buah simpang susun, yakni Simpang Susun (SS) Langsa, SS Kuala Simpang, SS Pangkalan Brandan, SS Tanjung Pura, dan SS Stabat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper