Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kereta Cepat Jakarta Bandung Berpacu Raih Izin Operasi Jelang Peresmian

Kereta Cepat Jakarta Bandung berpacu mendapatkan sertifikat izin operasi sebelum peresmian yang ditargetkan pada 1 Oktober 2023 mendatang.
Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB). ANTARA/HO-PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).
Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB). ANTARA/HO-PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Bisnis.com, JAKARTA — PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) terus menggenjot proses uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung agar mendapatkan sertifikat izin operasi sebelum peresmian yang ditargetkan pada 1 Oktober 2023 mendatang.

Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi memaparkan saat ini uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) terus dilaksanakan mulai dari sarana, prasana, sumber daya manusia (SDM), dan juga keselamatan pada moda transportasi ini.

Dia mengatakan, proses tersebut terus diintensifkan bersama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Hal ini mengingat KCJB merupakan kereta api berkecepatan tinggi pertama di Indonesia.

“Sertifikasi ini terus kami intensifkan. Karena ini sistem kereta cepat pertama di Indonesia, kita lakukan secara konservatif dan hati-hati,” jelas Dwiyana saat ditemui di Stasiun KCIC Halim, Jakarta, pada Rabu (6/9/2023).

Dwiyana melanjutkan, KCIC juga telah melakukan tes internal pada aspek-aspek yang berkaitan dengan sertifikasi tersebut. Tes itu dilakukan KCIC bersama dengan sejumlah konsultan independen proyek kereta cepat, diantaranya adalah National Engineering Research Center (NERC) dan Cars –  Dardela Joint Operation (CDJO) yang mengaudit hasil tes tersebut.

Dari hasil tes internal yang telah diverifikasi oleh para konsultan, Dwiyana mengatakan Kereta Cepat Jakarta Bandung telah memenuhi syarat untuk beroperasi.

“Sarana, prasarana, sampai sistemnya itu sudah lulus dan diaudit oleh para konsultan. Ini yang kita jadikan dasar saat mengajukan sertifikasi ke Kemenhub,” jelas Dwiyana.

Di sisi lain, Dwiyana juga belum dapat memastikan KCJB akan memulai operasionalnya pada 1 Oktober 2023. Dia menuturkan, KCIC harus memperoleh sertifikat izin operasi terlebih dahulu sebelum dapat memulai masa operasional.

“Kita tunggu ya, kan Kemenhub harus memberikan izin dulu,” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, hingga saat ini kereta cepat ditargetkan mulai beroperasi pada 1 Oktober 2023.  Meski demikian, Budi Karya menyebut, pemerintah tidak akan tergesa-gesa untuk mengejar target operasi moda kereta cepat pertama di Indonesia tersebut. 

Budi Karya mengatakan, dirinya terus berkoordinasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait target operasi tersebut. Dia juga mengaku melaporkan progres pengujian atau pengerjaan proyek tersebut. 

“Saya selalu konsultasi dengan Bapak Presiden jika ada sesuatu yang perlu dibenahi. Tetapi saat ini insyaallah 1 Oktober 2023 mulai beroperasi dan terintegrasi dengan LRT Jabodebek,” jelas Budi Karya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper