Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AP II Gandeng Perusahaan Vietnam Optimalkan Bisnis Bandara

AP II menggandeng perusahaan asal Vietnam untuk mengembangkan bisnis bandara dan ekspansi rute.
Suasana di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Terminal 3, Jumat, (21/4/2023) - BISNIS/Rizqi Rajendra.
Suasana di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Terminal 3, Jumat, (21/4/2023) - BISNIS/Rizqi Rajendra.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II dan Sovico Group asal Vietnam menjajaki kerja sama pengembangan bandara serta ekspansi jaringan penerbangan.

Kerja sama tersebut tertuang dalam nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU yang ditandatangani pada 4 September 2023 di Jakarta. MoU itu diteken oleh President Director AP II Muhammad Awaluddin dan Founding Chairman Sovico Group DR Nguyen Thanh Hung.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan MoU dengan Sovico Group ini merupakan bagian dari upaya AP II mendorong kolaborasi dengan berbagai sektor guna mendukung pengembangan sektor penerbangan nasional.

Dia menjelaskan, AP II mengedepankan kolaborasi dengan berbagai sektor untuk mendorong pertumbuhan bisnis dan berkontribusi dalam pengembangan sektor penerbangan nasional.

"Kerja sama dengan Sovico Group merupakan bagian dari upaya AP perseroan dalam berkolaborasi dengan perusahaan multinasional dan global guna meningkatkan standar bandara-bandara AP II," jelas Awaluddin dikutip dari keterangan resmi, Selasa (5/9/2023).

Awaluddin menuturkan, pihaknya dan Sovico akan membahas potensi kerja sama berbagai bidang bisnis. Potensi bisnis yang akan dibahas antara lain layanan non-aviasi, layanan aviasi, layanan logistik dan pengembangan sisi darat (land side) di bandara.

Sementara itu, potensi bisnis layanan non-aviasi di bandara AP II antara lain bisnis kargo, ritel dan duty free, periklanan, layanan konsumen dan sebagainya. Potensi bisnis lainnya adalah layanan logistik termasuk transportasi angkutan e-commerce, operasi terminal kargo, pusat logistik dan lainnya.

Adapun untuk potensi sisi darat mencakup pengembangan kota bandara dan aerotropolis.

Selain itu, kedua perusahaan juga menjajaki pengembangan rute internasional yakni konektivitas dari Vietnam dan Thailand menuju bandara-bandara AP II. Awaluddin menuturkan, penguatan konektivitas rute internasional di bandara-bandara AP II bertujuan untuk melayani perjalanan bisnis dan pariwisata.

"Kami berharap semakin kuatnya konektivitas rute internasional ini dapat mendukung kemudahan bagi pebisnis dan wisatawan untuk datang ke Indonesia,” ujar Awaluddin.

Adapun, Sovico Group merupakan salah satu grup terbesar di Vietnam yang telah hadir di berbagai negara. Portofolio yang dimiliki Sovico Group antara lain adalah bisnis aviasi, real estate, hospitality, energi, serta keuangan dan perbankan.

Sovico Group juga merupakan induk usaha dari maskapai VietJet Air yang berbasis di Vietnam dan Thai VietJet Air yang berbasis di Thailand.

Awaluddin menambahkan, VietJet Air dan Thai VietJet Air memiliki jaringan penerbangan yang kuat di Vietnam dan Thailand. Hal ini akan mendukung bandara AP II memperkuat konektivitas rute internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper