Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penerbangan Haji 2024, 149 Kloter Sudah Berangkat dari 6 Bandara

Sebanyak 61.988 calon haji ke tanah suci telah dilayani Angkasa Pura II dari enam bandara yang menjadi embarkasi pada periode 12 Mei 2024 hingga 30 Mei 2024.
Jamaah calon haji Indonesia memanjatkan doa di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Kamis (23/5/2024). Menjelang waktu shalat, Masjidil Haram dipadati kaum muslim yang akan menunaikan ibadah shalat Magrib. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Jamaah calon haji Indonesia memanjatkan doa di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Kamis (23/5/2024). Menjelang waktu shalat, Masjidil Haram dipadati kaum muslim yang akan menunaikan ibadah shalat Magrib. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Angkasa Pura II atau AP II  telah melayani keberangkatan 61.988 calon haji ke tanah suci dari enam bandara yang menjadi embarkasi pada periode 12 Mei 2024 hingga 30 Mei 2024.

Pgs. SVP of Corporate Secretary Angkasa Pura II Cin Asmoro mengatakan para calon jemaah haji tersebut terbagi dalam 149 kelompok terbang (kloter). Jumlah tersebut sudah mencapai 66,05% dari total calon haji yang direncanakan berangkat dari enam bandara AP II pada 12 Mei 2024 hingga 10 Juni 2024 yakni sebanyak 95.076 calon haji dalam 231 kloter. 

Adapun, enam bandara AP II yang menjadi embarkasi keberangkatan calon haji adalah Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Kertajati (Majalengka), Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Minangkabau (Padang), dan Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh). 

Cin menjelaskan, seluruh fasilitas operasional dan layanan di enam bandara tersebut dipastikan selalu siap untuk memastikan kelancaran keberangkatan calon haji. Dia mengatakan, keberangkatan calon haji dari bandara AP II masih terus berlangsung hingga 10 Juni 2024.

“Kolaborasi juga terus dilakukan dengan seluruh pihak antara lain dengan maskapai dan ground handling, serta kami berterima kasih atas dukungan Kementerian Agama, Kementerian Perhubungan, TNI dan Polri,” ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (2/6/2024).

Bandara Soekarno-Hatta telah melayani keberangkatan 34.584 calon haji yang ada di 82 kloter pada periode 12 Mei 2024 hingga 30 Mei 2024.  Calon haji yang diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta itu berasal dari Asrama Haji Pondok Gede dan Asrama Haji Bekasi. 

Cin menambahkan, di Bandara Soekarno-Hatta, calon haji dapat melalui fasilitas fast track Makkah Route untuk memproses keimigrasian Arab Saudi. 

Sementara itu, jumlah calon haji yang berangkat dari Bandara Kertajati per 30 Mei 2024 sebanyak 8.354 calon haji dari 19 kloter, dari 30 kloter yang direncanakan akan diberangkatkan dari Kertajati

Executive General Manager Bandara Kertajati Indra Crisna mengatakan  telah menyediakan fasilitas yang mempermudah akses bagi calon haji dan Petugas petugas dipastikan siap di bandara dalam Melayani Jamaah di bandara.

“Fasilitas yang mempermudah akses seperti eskalator dan elevator, lalu juga tempat ibadah dan fasilitas umum lainnya kami pastikan siap,” ujar Indra.

Sementara itu, jumlah calon haji yang berangkat dari Bandara Kualanamu pada periode yang sama sebanyak 5.708 calon haji dalam 16 kloter. Sementara itu, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II telah memberangkatkan sebanyak 6.274 calon haji dalam 14 kloter.

Executive General Manager Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Iwan Winaya menuturkan, kolaborasi dengan seluruh stakeholder di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II berjalan dengan baik pada angkutan haji 2024. 

“Kami berharap seluruh penerbangan keberangkatan berjalan lancar,” ujar Iwan. 

Sementara itu, jumlah calon haji yang berangkat dari Bandara Minangkabau (Padang) per 30 Mei 2024 sebanyak 6.282 calon haji dalam 16 kloter. Executive General Manager Bandara Minangkabau Indrawansyah mengatakan, keberangkatan calon haji dari Bandara Minangkabau sudah mencapai 90% dari total yang direncanakan. 

Selanjutnya, Bandara Sultan Iskandar Muda telah memberangkatkan 786 calon haji dari 2 kloter yang berangkat pada 29 - 30 Mei 2024.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper