Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jumlah Penumpang Internasional Bandara AP II Mulai Tumbuh

PT Angkasa Pura II atau AP II mencatat jumlah penumpang internasional di bandara yang dikelola mulai tumbuh.
Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menyebut kontribusi jumlah penumpang internasional pada bandara-bandara yang dikelolanya mulai mengalami kenaikan selepas pandemi Covid-19.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menjelaskan pada periode pemulihan penerbangan saat ini, permintaan perjalanan di rute domestik dan internasional meningkat. AP II bersama stakeholder berupaya untuk mengelola dan mengakomodir tingginya permintaan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan memperhatikan aspek Commerce. 

Awaluddin memaparkan, komposisi penumpang pesawat di bandara AP II secara kumulatif saat ini adalah penumpang domestik mencapai 76 persen dan penumpang internasional 24 persen. Pada tahun lalu saat masih pandemi, komposisinya terdiri atas penumpang domestik 78 persen dan penumpang internasional 22 persen.

“ Jumlah komposisi penumpang internasional sudah meningkat pada 2023 dibandingkan saat pandemi masih berlangsung tahun lalu,” jelas Awaluddin dalam keterangan resminya, Kamis (10/8/2023).

Adapun, untuk menjaga momentum positif tersebut, AP II terus mengedepankan kolaborasi dengan seluruh stakeholder. Dia mengatakan, kolaborasi merupakan aspek penting, karena pihaknya tidak bisa sendiri dalam melakukan pemulihan penerbangan. Seluruh stakeholder di bandara AP II harus berkolaborasi agar dapat kembali lagi berada di kondisi seperti sebelum pandemi Covid-19.

Dia melanjutkan, sejauh ini kolaborasi yang telah dijalankan AP II dan stakeholder berjalan dengan baik. Hal tersebut terlihat dari jumlah pergerakan penumpang di seluruh bandara AP II secara kumulatif pada semester I/2023 yang telah mencapai 38 juta penumpang.

Jumlah tersebut mencerminkan tingkat pemulihan (recovery rate) hingga 85 persen dari Semester I/2019 saat belum ada pandemi. Recovery rate ini juga lebih tinggi dibandingkan prediksi IATA dan ACI. 

Adapun, AP II juga terus memperkuat konektivitas rute internasional di Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang) dan Bandara Kualanamu (Deli Serdang). Awaluddin mengatakan kedua bandara hub (pengumpul) itu terus membuka rute penerbangan baru, mengaktifkan kembali rute yang sempat ditutup saat pandemi, dan menambah frekuensi penerbangan di rute yang sudah ada. 

"Dibukanya sejumlah rute internasional itu sebagai upaya perseroan memperkuat konektivitas di kedua bandara," katanya.

Dia menuturkan pada awal Agustus 2023, kedua bandara membuka rute-rute internasional.

Bandara Soekarno-Hatta membuka rute Jakarta - Ho Chi Minh City (Vietnam) yang dilayani oleh maskapai Vietjet Air mulai 5 Agustus 2023. Lalu, pada 7 Agustus 2023 dibuka rute Jakarta - Mumbai (India) oleh IndiGo Airlines. 

Kemudian di Bandara Kualanamu dibuka rute Medan - Chennai (India) mulai 11 Agustus 2023 oleh Batik Air. Selain itu, pada bulan mendatang juga akan hadir rute Medan dari dan ke salah satu kota di India oleh IndiGo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper