Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo Gandeng Konsorsium INA-DP World Poles Pelabuhan Belawan

Pelindo menggandeng konsorsium Indonesia Investment Authority (INA) dan DP World akan memoles Pelabuhan Belawan.
Ilustrasi aktivitas bongkar muat di pelabuhan. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Ilustrasi aktivitas bongkar muat di pelabuhan. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) melalui anak usahanya, PT Prima Terminal Petikemas (Prima TPK), dan konsorsium Indonesia Investment Authority (INA) bersama dengan DP World FZE (DP World) resmi bekerja sama kembangkan Belawan New Container Terminal (BNCT).

Kemitraan investasi ini menandai tonggak penting bagi infrastruktur pelabuhan Indonesia, dalam rangka mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kesepakatan ini akan meningkatkan operasi pelabuhan Belawan sebagai salah satu aset strategis di Indonesia.

"Dengan tersedianya pelabuhan modern berstandar internasional, maka industri kita akan semakin terkoneksi dan kita semakin kuat dalam merealisasikan ekspor kita. Yang pada ujungnya, mempercepat transformasi struktural dan memperkuat resiliensi perekonomian nasional,” kata Sri Mulyani dalam keterangan resmi, Jumat (23/6/2023).

Senada dengan Sri Mulyani, Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono mengatakan kerja sama ini akan mengoptimalkan operasi pelabuhan. Terlebih, Belawan memiliki lokasi strategis karena memiliki konektivitas yang kuat ke kawasan industri sekitar pelabuhan.

Hal ini menghadirkan peluang besar bagi BNCT untuk menjadi hub lalu lintas logistik dan maritim penting untuk Tanah Air. Adapun, kesepakatan ini merupakan salah satu realisasi ekspansi bisnis perusahaan pada 2023.

"Realisasi kerja sama Investasi dan Pengoperasian Belawan merupakan salah satu bentuk perwujudan dari roadmap perusahaan tahun 2023 yaitu Ekspansi Bisnis dan Strategic Partnership. Kerja sama ini juga merupakan salah satu bukti bahwa pasca penggabungan, tingkat kepercayaan investor kepada Pelindo meningkat,” ujar Arif.

Ketua Dewan Direktur INA, Ridha Wirakusumah menyampaikan pelabuhan Belawan Ini menjadi poros maritim karena merupakan salah satu pelayaran tersibuk yang menghubungkan Asia dengan Timur Tengah, Eropa, dan Afrika. Sehingga kemitraan ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

“Investasi INA di Belawan New Container Terminal menjadi langkah penting untuk menempatkan Indonesia menjadi poros maritim terkemuka, serta sebagai pemain kunci dalam industri logistik global. Proyek transformatif ini mendukung pertumbuhan ekonomi dan memajukan sektor maritim Indonesia, memberikan peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” imbuhnya.

Sebagai informasi, realisasi kolaborasi hari ini dimungkinkan melalui kemitraan strategis dan sinergis dengan DP World yang merupakan perusahaan terkemuka dunia dalam solusi rantai pasokan global yang diharapkan memajukan daya saing nasional dengan menurunkan biaya logistik dan meningkatkan pengoperasian pelabuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper