Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hadiri Pembukaan Hannover Messe 2023, Jokowi: Kita Fokus Hilirisasi dan Ekonomi Hijau

Presiden Joko Widodo dalam pembukaan pameran industri Hannover Messe di Jerman, menyebut akan fokus pada pada industri hilirisasi serta ekonomi hijau.
Presiden Jokowi di Hannover Messe 2023 di Jerman / Setkab
Presiden Jokowi di Hannover Messe 2023 di Jerman / Setkab

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo menghadiri pembukaan pameran industri Hannover Messe di Jerman pada Minggu (16/4/2023) malam. Dalam Sambutannya, Orang nomor satu di Tanah Air itu menuturkan saat ini Indonesia tengah berfokus pada industri hilirisasi serta ekonomi hijau.

“Saat ini Indonesia menjalankan dua strategi besar, yaitu hilirisasi industri serta ekonomi hijau,” ujar Presiden Joko Widodo dalam keterangan resmi pada Senin (17/4/2023).

Lebih lanjut Jokowi menjelaskan, kebijakan hilirisasi industri di Indonesia didukung dengan ketersediaan sumber daya alam yang melimpah, bonus demografi dan pasar yang besar, serta ekonomi yang terjaga.

Menurutnya, keempat hal tersebut sudah cukup untuk menjadi modal Indonesia untuk menjadi pemain besar pada industri ekosistem kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

Dalam hal ini, Jokowi menyebutkan Indonesia sangat terbuka untuk investasi serta kerja sama dalam membangun industri hilir di dalam negeri. “Sampai tahun 2040, ada 21 komoditas dalam peta jalan hilirisasi, diproyeksikan mencapai nilai investasi US$545,3 miliar,” tambah Jokowi.

Mengenai ekonomi hijau, Jokowi menyebutkan Indonesia berkomitmen kuat menjaga keberlangsungan lingkungan. Tahun ini, Indonesia membidik target sebanyak 23 persen energi berasal dari energi baru dan terbarukan (EBT), serta penutupan seluruh pembangkit batubara pada 2025.

Di sisi lain, menurutnya, Indonesia juga memiliki pekerjaan rumah untuk memastikan bahwa transisi energi dapat menghasilkan energi yang terjangkau bagi masyarakat.

“Tentu ini membutuhkan investasi, membutuhkan pembiayaan yang besar, setidaknya US$1 triliun sampai 2060. Indonesia mengundang investor dari Jerman untuk mengembangkan ekonomi hijau. Sekali lagi, Indonesia sangat terbuka untuk investasi dan kerja sama,” jelasnya.

Presiden Jokowi bersama dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz menghadiri upacara pembukaan Hannover Messe 2023 yang diadakan di Hannover Congress Centrum, Hannover yang digelar pukul 18:00 waktu setempat pada Minggu (16/4/2023).

Peresmian oleh kedua pemimpin negara ini menandakan dimulainya pameran tahunan yang telah berjalan selama lebih dari 74 tahun tersebut.

Diberitakan Bisnis sebelumnya pada Senin (27/3/2023), terpilihnya Indonesia sebagai negara mitra atau official partner country dalam pameran teknologi Hannover Messe 2023 di Jerman akan menjadi pintu masuknya investasi dan pengembangan inovasi teknologi industri semakin berkembang.

Dalam pameran ini, Indonesia memilih Tema Making Indonesia 4.0, dengan fokus pada inisiatif keberlanjutan lingkungan dan transformasi ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Widya Islamiati
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper