Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Bocimi Seksi Cigombong-Cibadak Dibuka Gratis Selama Lebaran

Tol Bocimi seksi Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 Km dibuka gratis selama mudik Lebaran.
Jalan tol Bogor–Ciawi–Sukabumi (Bocimi) di Jawa Barat./Jasa Marga
Jalan tol Bogor–Ciawi–Sukabumi (Bocimi) di Jawa Barat./Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA - PT Waskita Toll Road (WTR) melalui anak usahanya, PT Trans Jabar Tol (TJT) dan PT Transjawa Paspro Jalan Tol (TPJT) resmi membuka fungsional 2 seksi jalan tol selama periode mudik Lebaran 2023, yakni Tol Bocimi dan Tol Paspro. 

Adapun, Jalan tol yang beroperasi secara fungsional antara lain Jalan Tol Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi Cigombong-Cibadak dan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) seksi Probolinggo Timur-Gending.

Direktur Pengendalian & K3LMP WTR, Mokh. Sadali, mengatakan kedua jalan tol tersebut dibuka fungsional pada periode mudik 2023 sebagai sosialisasi sebelum ruas Tol Bocimi seksi Cigombong-Cibadak dan ruas Tol Paspro seksi Probolinggo Timur-Gending beroperasi tahun ini. 

“Kami berharap dengan dioperasikannya kedua ruas tol tersebut secara fungsional dapat memperlancar lalu lintas selama periode mudik. Setelah periode fungsional, kami akan kembali berfokus untuk menyelesaikan konstruksi tol Bocimi dan Paspro," kata Sadali, dikutip Sabtu (15/4/2023). 

Saat ini progress konstruksi Tol Bocimi seksi Cigombong- Cibadak sudah mencapai 94 persen. Jalan Tol Bocimi seksi Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 Km dibuka 15 April-1 Mei 2023 tanpa dikenakan tarif alias gratis. 

Selama periode tersebut, pengguna jalan dapat melintas mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Adapun, jalur fungsional tersebut dioperasikan secara 2 arah dari Cigombong – Cibadak dan sebaliknya. 

"Jalur fungsional hanya diperuntukkan bagi kendaraan Golongan 1 dengan ketinggian maksimal 2,1 meter. Serta, guna meningkatkan kenyamanan selama berkendara, pengguna jalan dihimbau untuk membatasi kecepatan kendarannya maksimal 60 Km/jam," ujarnya. 

Sedangkan Jalan Tol Paspro seksi Probolinggo Timur – Gending sepanjang 8,55 km saat ini progres mencapai 98 persen dan akan dioperasikan secara fungsional pada 16 April 2023 dan 18 April 2023 pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. 

Selain itu juga ruas tol ini akan difugnsionalkan pada 19 April 2023 - Minggu, 30 April 2023 selama 24 jam tanpa tarif. Ruas ini diperuntukkan bagi para pengguna jalan dengan semua golongan kendaraan dan dioperasikan secara 2 arah dari Probolinggo Timur – Gending dan sebaliknya.

Sebagai informasi, WTR melalui sejumlah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya juga telah menyiapkan berbagai strategi dalam rangka menyambut mudik Idul Fitri, yakni dengan memberlakukan pengaturan lalu lintas secara one way pada Jalan Tol Pemalang – Batang pada periode dan jadwal tertentu. 

Kemudian juga pemberlakuan diskon tarif sebesar 20 persen untuk semua golongan kendaraan pada jalan tol Kayuagung-Palembang-Betung pada 16-18 April 2023 pukul 06.00 WIB dan pada 27 April-29 April 2023 pukul 06.00 WIB. 

"Selain itu, WTR juga memastikan adanya peningkatan pelayanan untuk kenyamanan dan keamanan para pengguna jalan pada ruas tol milik WTR lainnya," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper