Libur Panjang Akhir Pekan, 315.857 Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Angka tersebut merupakan angka kumulatif dari empat gerbang tol (GT) utama, yaitu GT Cikupa, GT Ciawi, dan GT Cikampek Utama, dan GT Kalihurip Utama. 
Ilustrasi / Jasa Marga
Ilustrasi / Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatat sebanyak 315.857 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada Kamis hingga Jumat (6--7 April 2023) yang merupakan libur panjang akhir pekan.

Jasa Marga mencatat angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari empat gerbang tol (GT) utama, yaitu GT Cikupa, GT Ciawi, dan GT Cikampek Utama, dan GT Kalihurip Utama. 

"Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 7,07 persen jika dibandingkan lalin normal," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana dalam keterangan resminya, Sabtu (8/4/2023).

Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ke tiga arah yaitu dengan mayoritas sebanyak 165.010 kendaraan atau 52,2 persen menuju arah Trans Jawa dan Bandung, 81.240 kendaraan atau 25,7 persen menuju arah Merak, dan 69.607 kendaraan atau 22 persen menuju arah Puncak.

Lalu lintas yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jumlah 57.044 kendaraan, lebih rendah sebesar 3,4 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal.

Di sisi lain, lalu lintas yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, dengan jumlah 107.966 kendaraan, naik sebesar 56,8 persen dibandingkan dengan lalu lintas.

Adapun, total lalu lintas yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 165.010 kendaraan, naik sebesar 29% dari lalin normal.

Lalu lintas kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebanyak 81.240 kendaraan, lebih rendah sebesar 16,9 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal.

Sementara itu, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 69.607 kendaraan, naik sebesar 0,5 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper