Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Minyakita Langka, Jokowi: Stoknya Ada, Tapi Tak Melimpah

Jokowi mengatakan harga Minyakita saat ini sudah berada di level Rp14.000 per liter di pasaran.
Presiden Jokowi / Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi / Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek pasokan dan harga bahan pokok di pasar, salah satunya ialah produk minyak goreng yang dirilis pemerintah yaitu Minyakita yang disebut langka di pasaran.

Jokowi mengatakan harga Minyakita saat ini sudah berada di level Rp14.000 per liter di pasaran. Hal itu diutarakan Jokowi saat mengunjungi Pasar Wonokromo, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Sabtu (18/2/2023).

“Minyakita, saya lihat stok ada. Meskipun tidak melimpah, tapi stok ada di harga Rp14.000,” kata Jokowi dilansir dari Youtube Setpres, Minggu (19/2/2023).

Jokowi berharap agar stabilitas harga pangan di daerah dapat terus dipertahankan, sehingga inflasi baik di daerah maupun nasional secara keseluruhan dapat dikendalikan dengan baik.

“[Harga] telur saya lihat turun, meski cuma Rp1.000. Bawang merah pun turun,” ujar Jokowi.

Lebih lanjut, eks Walikota Solo itu melanjutkan bahwa operasi pasar yang telah dilakukan Perum Bulog sudah mulai menunjukkan dampak terhadap harga beras. Menurut pantauannya, harga beras di pasaran sudah cukup baik dengan kisaran Rp9.000 per kilogram.

“Saya ingin mengecek barang yang sangat penting yang namanya beras. Apakah operasi dari Bulog sudah sampai ke warung, ke pasar-pasar, saya lihat sudah dan harganya baik, tadi Rp44.000 untuk 5 kg. Artinya, harga di bawah Rp9.000. Tadi kita lihat semua warung ada semuanya dan melimpah di sini,” ujarnya.

Menurutnya, harga beras pun diproyeksikan akan makin stabil seiring panen raya pada akhir bulan Februari dan awal Maret di sejumlah daerah. Dia menyebut luas panen pada bulan tersebut akan mencapai 1,9 juta hektare.

“Mungkin secara nasional di Februari mungkin 1 jutaan (hektare), mungkin nanti di bulan Maret 1,9-an (juta hektare). Kira-kira itu, sehingga kalau produksi dari petani, dari panen ada artinya stok melimpah. Kalau stok melimpah permintaan tetap, artinya harga akan secara otomatis akan turun,” tutur Jokowi.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) masih menemukan Minyakita dijual di atas harga eceran tertinggi (HET) di beberapa daerah. Hal tersebut terungkap saat Wamendag, Jerry Sambuaga, melakukan operasi pasar di Pasar Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu (18/2/2023).

Dia mengungkapkan bahwa Kemendag akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mengatasi persolaan temuan Minyakita yang dijual Rp16.000 per liter.

Selain di Samarinda, di DKI Jakarta pun harga minyak goreng masih di kisaran Rp14.700 untuk curah dan Rp18.600 untuk kemasan sederhana, seperti dilansir Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional pada Minggu (19/2/2023). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Indra Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper