Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Top 5 News Ekonomi: Biaya Haji 2023 hingga Usulan Kendaraan yang Dilarang Beli Pertalite dan Solar

Perkembangan biaya haji 2023 hingga kriteria kendaraan yang dibatasi akses membeli solar dan pertalite jadi berita terpopuler di Kanal Ekonomi Bisnis.com.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 15 Februari 2023  |  14:57 WIB
Top 5 News Ekonomi: Biaya Haji 2023 hingga Usulan Kendaraan yang Dilarang Beli Pertalite dan Solar
Pelaksanaan salat di Masjidil Haram, Makkah. - Reuters/Suhaib Salem

Bisnis.com, JAKARTA - Pembaca Kanal Ekonomi Bisnis.com mencermati berita mengenai biaya haji 2023.

Selain itu, berita terpopuler lainnya seperti rencana Jasa Marga (JSMR) melakukan private placement anak usaha PT Jasamarga Transjawa Tol hingga usulan kendaraan yang akan dibatasi aksesnya untuk membeli pertalite dan solar.

Berikut daftar selengkapnya 5 berita terpopuler di Kanal Ekonomi Bisnis.com:

1. Diputuskan Hari Ini, Biaya Haji 2023 Fix Naik?

Besaran komponen biaya penyelenggaraan ibadah haji tahun 1444 H/2023 M masih terus dibahas dalam rapat dengar pendapat DPR RI bersama dengan Kementerian Agama (Kemenag) hari ini, Selasa (14/2/2023).

Jika sesuai jadwal, biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) 2023 akan ditetapkan dalam rapat kerja dengan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang awalnya dijadwalkan pada pukul 13.00 WIB.

Namun, hingga saat ini, RDP yang dimulai sekitar 10.30 WIB masih berlangsung. Berdasarkan jadwal terbaru, keputusan final biaya haji 2023 akan disampaikan hari ini, Selasa (14/2/2023) pukul 18.20 WIB di Kompleks Parlemen, Jakarta.

2. Jasa Marga (JSMR) Bakal Lepas Sebagian Saham di Tol Trans Jawa

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. tengah berencana untuk melepas sebagian kepemilikan sahamnya di entitas anaknya yang mengoperasikan Jalan Tol Trans Jawa, yakni PT Jasamarga Transjawa Tol, melalui private placement untuk mendatangkan investor strategis.

Mengutip Bloomberg, Selasa (14/2/2023), menurut sumber yang tak ingin disebutkan namanya, Jasa Marga (JSMR) dapat memperoleh US$300 juta dalam penjualan saham di PT Jasamarga Transjawa Tol.

3. Hampir Final, Usulan Terbaru Biaya Haji 2023 Rp49,81 Juta

Usulan Kementerian Agama (Kemenag) untuk biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) 2023 yang dibayarkan jemaah mengerucut ke angka Rp49,81 juta. Namun, angka hasil kajian terbaru Kemenag ini belum final ditetapkan.

Besaran Bipih tersebut merupakan 55,3 persen dari usulan rata-rata biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) 2023 yang mencapai Rp90,02 juta.

"Untuk BPIH yang kami usulkan adalah Rp90,02 juta dengan komposisi Rp49,81 juta [Bipih] dengan nilai manfaat Rp40,21 juta atau untuk Bipih kami usulkan 55,3 persen dan untuk nilai manfaat 44,7 persen," ujar Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji Kemenag Hilman pada rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi VIII DPR RI, Selasa (14/2/2023).

4. Bukan Refund, Lippo Tawarkan Konsumen Meikarta untuk Titip Jual Unit

PT Lippo Cikarang Tbk. (LPCK) selaku induk usaha dari pengembang apartemen Meikarta, PT Mahkota Sentosa Utama (MSU), membuka peluang untuk skema secondary market atau titip jual bagi konsumen Meikarta yang komplain untuk refund.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad usai meninjau dan berdiskusi dengan manajemen Lippo di Marketing Gallery Meikarta Tower 51022 - 01 & 02, Cikarang, Bekasi, Selasa (14/2/2023).

"Bukan refund ya, tapi di titip jual melalui manajemen. Jadi berapa yang disetor, ya itu yang nanti dikembalikan, cuma memang membutuhkan proses, tiap-tiap unit yang dijual mungkin peminatnya berbeda-beda," kata Sufmi kepada wartawan.

5. BPH Beberkan Usulan Mobil dan Motor yang Dilarang Beli Pertalite dan Solar

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi atau BPH Migas mengajukan sejumlah kriteria kendaraan yang bakal dibatasi aksesnya untuk membeli bahan bakar bersubsidi (BBM) Solar dan Pertalite.

Usulan itu menjadi bagian dari revisi lampiran Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM yang sudah dibahas sejak pertengahan tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Berita Terpopuler Ibadah Haji jasa marga solar Pertalite
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top