Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukan Refund, Lippo Tawarkan Konsumen Meikarta untuk Titip Jual Unit

PT Lippo Cikarang Tbk. (LPCK) membuka peluang untuk skema secondary market atau titip jual bagi konsumen Meikarta yang komplain untuk refund.
Kondisi pembangunan unit apartemen Meikarta di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat pada Jumat (16/12/2022). JIBI/Alifian Asmaaysi.
Kondisi pembangunan unit apartemen Meikarta di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat pada Jumat (16/12/2022). JIBI/Alifian Asmaaysi.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Lippo Cikarang Tbk. (LPCK) selaku induk usaha dari pengembang apartemen Meikarta, PT Mahkota Sentosa Utama (MSU), membuka peluang untuk skema secondary market atau titip jual bagi konsumen Meikarta yang komplain untuk refund

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad usai meninjau dan berdiskusi dengan manajemen Lippo di Marketing Gallery Meikarta Tower 51022 - 01 & 02, Cikarang, Bekasi, Selasa (14/2/2023). 

"Bukan refund ya, tapi di titip jual melalui manajemen. Jadi berapa yang disetor, ya itu yang nanti dikembalikan, cuma memang membutuhkan proses, tiap-tiap unit yang dijual mungkin peminatnya berbeda beda," kata Sufmi kepada wartawan. 

Dia memaparkan, berdasarkan informasi yang diterimanya, ada 130-an konsumen yang mengajukan permohonan refund atau pengembalian dana atas pembelian unit apartemen Meikarta. 

Alih-alih refund, Sufmi mendapat penjelasan bahwa manajemen Meikarta mengambil kebijakan untuk membuka secondary market atau proses titip jual unit lewat PT MSU. 

"Saya minta tadi, kira-kira berapa lama? Manajemen menyatakan harus melihat dari supply dan demand, paling lama 4 minggu atau 1 bulan itu 130-an selesai," jelasnya. 

Adapun, Sufmi memastikan akan mengawal dan memantau terus proses pembangunan dan serah terima unit yang dilakukan PT MSU. Pihaknya juga akan terus mendampingi konsumen agar haknya terpenuhi. 

Lebih lanjut, terkait dengan gugatan yang telah dilakukan PT MSU terhadap konsumen Meikarta senilai Rp56 miliar beberapa waktu lalu telah resmi dicabut. Sufmi meminta Komisi III untuk memantau pencabutan gugatan tersebut.

"Tinggal kita nanti akan minta kepada Komisi III DPR, komisi hukum untuk memantau sampai sejauh mana penetapan pencabutan oleh pengadilan," terangnya. 

Adapun, kedatangan DPR RI lintas komisi ke Meikarta ditujukan untuk memahami apa yang menjadi keluhan konsumen Meikarta beberapa waktu lalu. 

Sufmi memimpin kunjungan yang membawa 18 anggota dari sejumlah komisi, yaitu Komisi III, Komisi V, Komisi VI, dan Komisi XI. Rombongan tersebut sampai pukul 15.20 WIB di Orange County, Irvine Westwood Suites.

Berdasarkan pantauan Bisnis, Sufmi datang didampingi Wakil Ketua Komisi VI Mohamad Hekal, anggota Komisi VI lainnya, seperti Andre Rosiade, Achmad Baidowi, Anggota Komisi III Arsul Sani, Anggota Komisi V Novita Wijayanti, dan beberapa anggota lainnya. 

Presiden Direktur PT Lippo Cikarang Tbk. (LPCK) Ketut Budi Wijaya menyambut kunjungan tersebut bersama CEO PT Mahkota Sentosa Utama (MSU) Indra Azwar. Keduanya membawa Sufmi dan rombongan melihat gambaran besar kawasan pembangunan Meikarta yang berdiri di lahan 84 hektare itu.

"Hari ini kita sudah melakukan kunjungan untuk mengecek fakta lapangan, lalu kami sudah mengadakan dialog dengan manajemen sehingga apa yang dikeluhkan konsumen sudah diakomodir oleh manajemen," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper