Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perumnas Siapkan 30 Persen Total Unit Proyek Hunian untuk Subsidi

Perumnas memastikan akan menyalurkan 30 persen unit di setiap proyek huniannya untuk segmen subsidi.
Proyek apartemen Samesta Mahata besutan Perum Perumnas di Tanjung Barat, Jakarta - BISNIS - Afifah Rahmah Nurdifa.
Proyek apartemen Samesta Mahata besutan Perum Perumnas di Tanjung Barat, Jakarta - BISNIS - Afifah Rahmah Nurdifa.

Bisnis.com, JAKARTA - Perum Perumnas, BUMN bidang properti, memastikan akan terus memberikan 20-30 persen dari total unit di setiap proyek hunian untuk segmen subsidi.

Direktur Utama Perumnas, Budi Saddewa Soediro mengatakan sebagai badan usaha milik negara, pihaknya merupakan tangan kanan pemerintah untuk dapat melancarkan program sejuta rumah (PSR) yang telah digencarkan sejak tahun 2015 lalu.

"Perumnas juga tetap pada khitahnya menyediakan hunian subsidi sebanyak 20-30 persen dari total unit di setiap proyek yang kami bangun," kata Budi kepada Bisnis.com, Rabu (11/1/2023).

Misalnya di salah satu proyek hunian vertikal di kawasan transit oriented development (TOD) Tanjung Barat yaitu apartemen Samesta Mahata Tanjung Barat. Proyek tersebut direncanakan akan terbangun 1216 unit dari 3 tower.

Adapun, Budi menuturkan, 1 tower ditujukan untuk segmen subsidi yang telah terserap secara keseluruhan, sementara untuk 2 tower lainnya ditujukan untuk segmen komersial. Namun, tingkat penyerapan unit sekitar 50 persen.

Tak hanya itu, Budi juga menegaskan akan memperhatikan seluruh wilayah Indonesia untuk menjadi target pembangunan hunian. Namun, menurut Budi, backlog perumahan paling besar berada di area Jabodetabek.

Dengan demikian, wilayah tersebut akan menjadi salah satu fokus kami untuk pembangunan hunian, khususnya yang memiliki konsep terintegrasi transportasi atau TOD.

Untuk itu, Perumnas telah bekerja sama dengan PT KAI (Persero) sejak 2017 untuk menggaungkan konsep hunian TOD pertama di Indonesia. Dalam hal ini, KAI menjadi penyedia lahan untuk pembangunan hunian sekitar stasiun.

"Kami juga tengah berprogres untuk pembangunan stasiun kereta api baru untuk mengintegrasikan kawasan hunian tapak seperti di Samesta Parayasa Bogor," jelasnya.

Sebagai informasi, untuk hunian vertikal TOD, Perumnas memiliki tiga lokasi proyek yaitu Samesta Mahata Serpong di Stasiun Rawa Buntu Tangerang Selatan, Samesta Mahata Margonda di Stasiun Pondok Cina Depok, dan Samesta Mahata Tanjung Barat di Stasiun Tanjung Barat Jakarta.

Hunian TOD Perumnas menyediakan fasilitas yang mendukung aktivitas penghuni dari kalangan milenial, seperti ICT smart home, Healthy Life fitness centre, Work Space serta tersedianya fasilitas amphitheatre dan commercial area yang berada tepat di bawah hunian.

Dalam hal ini, Perumnas membuka peluang untuk bekerja sama dengan institusi lain seperti BUMN, BUMD, pemerintah dan lainnya untuk dapat mendukung pencapaian Program Sejuta Rumah (PSR) yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

Di samping itu, untuk dapat melanjutkan PSR, Perumnas mendapatkan Penambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) senilai Rp1,5 triliun yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2022.

"Penambahan penyertaan modal negara sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2022 sebagaimana ditetapkan kembali dalam Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2022," bunyi pasal 2 ayat 2 dalam PP tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper