Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Kandidat Tunggal Gantikan Shell di Blok Masela

Kementerian ESDM mengumumkan Pertamina jadi kandidat tunggal gantikan Shell yang melepaskan 35 persen saham Blok Masela dua tahun yang lalu.
Ilustrasi blok Masela.
Ilustrasi blok Masela.

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif menyebutkan, kini PT Pertamina (Persero) menjadi kandidat tunggal yang akan mengakuisisi 35 persen saham Shell Upstream Overseas, di Blok Masela.

“[Partner baru] Pertamina sementara sendirian, karena yang masuk Pertamina duluan,” kata Arifin kepada wartawan, Jumat (6/1/2023).

Menurutnya, dalam proses akuisisi ini Pertamina sudah di tahap perampungan. “Ya udah final dengan Pertamina mungkin ya,” tambah Arifin. 

Meskipun demikian, selain Pertamina, Arifin menyebut sudah ada beberapa calon partner Inpex Masela Ltd yang mulai melirik Blok Masela. Seperti perusahaan minyak dan gas bumi asal negeri tirai bambu, PetroChina. Hanya saja, Pertamina lah yang hingga kini dalam tahap final.

“Tapi yang minta data juga ada juga beberapa ya, mungkin minta data juga buka data itu dari China,” tutur Arifin.

Saat ditanya mengenai kapan perampungan akuisisi 35 persen saham Blok Masela ini, Arifin berharap hal ini akan segera selesai. 

“Kalo udah deal ya langsung ya itu kan masalah legal. Maunya sih cepet, tapi paling nggak sementara ini Inpex sudah mulai jalan dengan program-program sebelumnya kan,” tutur Arifin.

Sementara, Arifin menyebut, nilai akhir kesepakatan dari Pertamina ini diperkirakan mencapai US$ 1 juta miliar.

“Nilainya saya gak tau nilai akhir dealnya ya kan masih masih ada negosiasi lagi, [kisaran] ya US$1 miliar sekian plus minus,” tutup Arifin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Widya Islamiati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper