Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Liburan Nataru Naik Mobil Listrik, Berikut 9 Lokasi SPKLU di Tol Trans Jawa

Berikut 9 lokasi SPKLU di rest area sepanjang Tol Trans Jawa yang disiagakan untuk memudahkan masyarakat berpergian dengan mobil listrik saat libur Nataru
Terdapat 9 lokasi SPKLU di rest area sepanjang Tol Trans Jawa/PLN
Terdapat 9 lokasi SPKLU di rest area sepanjang Tol Trans Jawa/PLN

Bisnis.com, JAKARTA - PT PLN (Persero) menyiagakan 570 unit POM listrik atau stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang tersebar di 238 lokasi di seluruh Indonesia. Keberadaan SPKLU ini diharapkan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin berpergian dengan mobil listrik untuk merayakan liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Terbaru, PLN resmi mengoperasikan satu SPKLU yang berada di Rest Area Tol Trans Sumatra Km 172B (Kabupaten Tulang Bawang Barat arah Bakauheni) Provinsi Lampung.

"Kami terus memperbanyak SPKLU untuk bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik. Hingga 21 Desember kemarin kami sudah mengoperasikan 570 unit SPKLU," ujar Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo melalui siaran pers, Jumat (23/12/2022).

SPKLU ini didukung dengan tiga jenis pengisian daya yang siap beroperasi secara optimal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, di antaranya jenis medium charging, fast charging, hingga ultra fast charging.

Sebelumnya, Darmawan menyampaikan bahwa para pemudik atau masyarakat yang ingin liburan dengan kendaraan listrik kini tak perlu khawatir kehabisan baterai. Sebab, ratusan SPKLU telah siap memberikan pelayanan terbaik.

Dalam liburan Natal dan Tahun Baru ini, Tol Trans Jawa diperkirakan akan menjadi tol yang paling banyak digunakan masyarakat. Saat melintas di tol ini pun pengguna mobil listrik tak perlu khawatir karena PLN juga menyediakan SPKLU di rest area.

Berikut 9 lokasi SPKLU di rest area sepanjang Tol Trans Jawa:

  1. Rest Area KM 519 A (Solo-Ngawi)
  2. Rest Area KM 519 B (Ngawi-Solo)
  3. Rest Area KM 389 B (Batang-Semarang)
  4. Rest Area KM 379 A (Semarang-Batang)
  5. Rest Area KM 626 B (Kertosono-Madiun)
  6. Rest Area KM 207 A (Palikanci)
  7. Rest Area 208 B (Palikanci)
  8. Rest Area KM 10,6 Tol Jagorawi
  9. Rest Area KM 6 (Jakarta-Cikampek)

Pengguna mobil listrik saat ini juga tak lagi kesulitan untuk mencari SPKLU. Sebab, PLN memberikan kemudahan melalui aplikasi PLN Mobile. Lewat PLN Mobile, masyarakat bisa mencari lokasi SPKLU terdekat.

Caranya, pengguna mobil listrik cukup membuka aplikasi PLN Mobile. Kemudian, pilih fitur Electric Vehicle. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan, antara lain Tukar Baterai, SPKLU, dan SPLU. Pengguna mobil listrik kemudian dapat pilih SPKLU.

Setelah itu, PLN Mobile akan menampilkan sejumlah SPKLU yang terdekat dengan lokasi pengguna mobil listrik. Tak cuma itu, aplikasi ini juga menyediakan petunjuk arah ke lokasi SPKLU. Dengan demikian, pengguna mobil listrik akan semakin mudah menemukan keberadaan SPKLU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper