Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beri Kontribusi Rp69,3 Triliun, Toko Kelontong SRC Gelar Pesta Retail

Toko Kelontong SRC menggelar Pesta Retail Batavia usai memberikan kontribusi hingga Rp69,3 triliun terhadap total PDB ritel nasional.
Sampoerna Retail Community (SRC) mengadakan Pesta Retail Batavia di Lapangan Rindam Jaya Condet, Jakarta Timur. / Dok. SRC
Sampoerna Retail Community (SRC) mengadakan Pesta Retail Batavia di Lapangan Rindam Jaya Condet, Jakarta Timur. / Dok. SRC

Bisnis.com, JAKARTA - PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) melalui Toko Kelontong Sampoerna Retail Community (SRC) mampu berkontribusi terhadap 4,1 persen terhadap total PDB ritel nasional atau setara dengan Rp69,3 triliun selama lebih dari 14 tahun eksis di Indonesia.

Direktur Penjualan Sampoerna Ivan Cahyadi mengatakan Toko Kelontong SRC telah membawa transformasi yang progresif pada sektor UMKM nasional, sehingga dapat secara konsisten berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.

“Toko kelontong SRC di seluruh Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam menopang PDB, dengan kontribusinya mencapai Rp69,3 triliun atau setara 4,1 persen terhadap total PDB ritel nasional,” ujar Ivan dalam siaran pers, dikutip Senin (19/12/2022).

Dia menuturkan untuk merayakan kesuksesan Toko Kelontong SRC memberi dampak positif bagi masyarakat, PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) menggelar Pesta Retail Batavia di Lapangan Rindam Jaya Condet, Jakarta Timur. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian Pesta Retail terbesar di Indonesia yang digelar mulai 26 November hingga 18 Desember 2022.

Direktur SRCIS Rima Tanago menambahkan kegiatan tersebut merupakan bukti konkret dalam upaya perusahaan mengembangkan potensi UMKM toko kelontong di seluruh Indonesia agar dapat naik kelas.

“Kami percaya Pesta Retail 2022 ini akan membangun optimisme pelaku UMKM agar siap menghadapi berbagai tantangan yang dinamis,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Bina Usaha Perdagangan Kementerian Perdagangan Septo Soepriyatno mengatakan penggunaan perangkat teknologi aplikasi digital yang diaplikasikan telah membantu aktivitas toko kelontong.

“Semoga kolaborasi dan kerja sama antara SRC dan seluruh pemangku kepentingan terus berjalan secara konsisten dalam memajukan UMKM,” kata Septo.

Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyebutkan UMKM berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Sektor ini berkontribusi hingga 60,5 persen terhadap produk domestik bruto (PDB), serta memiliki kemampuan untuk menyerap 96,9 persen dari total angkatan kerja nasional.

Pesta Retail Batavia digelar dengan tujuan untuk mempererat relasi antara mitra, pemilik toko, dan konsumen yang turut menghadirkan 500 toko kelontong SRC yang berasal dari Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Bekasi, dan Karawang. Melalui kegiatan ini, diharapkan eksistensi toko kelontong makin nyata dan dapat relevan bagi masyarakat dari berbagai kalangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper