Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ekonom Beri Tips Pengusaha Furnitur Optimalkan Pasar Domestik

Ekonom memberikan saran kepada pengusaha furnitur untuk bisa meraup pasar domestik pada tahun depan secara optimal.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 05 Desember 2022  |  07:55 WIB
Ekonom Beri Tips Pengusaha Furnitur Optimalkan Pasar Domestik
Ilustrasi furnitur. - IG @hauz.of.momo
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kalangan ekonom menilai pengusaha furnitur mesti menyesuaikan antara harga dan daya beli masyarakat apabila ingin memaksimalkan potensi pasar domestik pada tahun depan. 

Ekonom Celios Bhima Yudhistira mengatakan pelaku industri bisa memodifikasi produk furnitur menggunakan bahan material substitusi seperti aluminium untuk menggantikan sebagian kayu yang digunakan.

"Mungkin harus ada perubahan material, tidak melulu dari kayu berkualitas tinggi. Sebab, meskipun pasar domestik jadi peluang, tapi mesti dipastikan produk furnitur bisa terjangkau oleh masyarakat," kata Bhima, Minggu (4/12/2022).

Langkah tersebut, lanjut Bhima, perlu diambil sejalan dengan momentum percepatan pemulihan industri furnitur yang diperkirakan terjadi pada akhir 2022 hingga sepanjang tahun depan.

Dia menjelaskan, momentum percepatan pemulihan tersebut sejalan dengan tren pertumbuhan kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit pemilikan apartemen (KPA) yang tumbuh di atas 7 persen sepanjang 2022.

"Bahkan sempat mencapai 7,8 persen per September 2022. Jadi, tren pemulihannya sejalan. Pembelian rumah meningkat, maka efeknya masyarakat akan meningkatkan pembelian furnitur," jelasnya.

Situasi tersebut dinilai bakal meningkatkan permintaan terhadap produk furnitur dalam masyarakat segmen ekonomi menengah. Jadi, ada harapan bisnis furnitur akan segera pulih pada akhir 2022 dan tahun depan," kata Bhima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri furnitur industri furnitur
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top