Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puncak KTT G20: Banyak Penerbangan Delay, Angka OTP Rendah!

Kemenhub mencatat angka ketepatan waktu terbang (On Time Performance/OTP) hanya 65,09 persen saat puncak KTT G20 Bali.
Pesawat udara berada di kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (8/3/2019)./ANTARA-Fikri Yusuf
Pesawat udara berada di kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (8/3/2019)./ANTARA-Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA - Jadwal kedatangan dan kepulangan para kepala negara dan delegasi KTT G20 berimbas signifikan terhadap keterlambatan (delay) jadwal penerbangan reguler di Bandara Ngurah Rai, Bali dengan angka On Time Performance (OTP) yang rendah. 

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menjelaskan kendati demikian, pada hari puncak kepulangan para delegasi G20 kemarin, pengaturan penerbangan reguler domestik relatif masih terkendali dan dilaporkan tidak ada pengalihan atau pembatalan penerbangan.

Dari sisi ketepatan waktu (On Time Performance/OTP) penerbangan pada hari puncak kepulangan para delegasi kemarin, di angka 65,09 persen.

"Beberapa keterlambatan yang terjadi dikarenakan adanya dinamika perubahan jadwal keberangkatan pesawat VVIP dan penyesuaian proses pergerakan di sisi udara untuk memastikan kelancaran penerbangan VVIP,” ujarnya melalui keterangan resmi, Kamis (17/11/2022).

Berdasarkan data dari Direktorat Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara pada Rabu (16/11) kemarin, tercatat total pergerakan pesawat dalam negeri sebanyak 126 penerbangan, pergerakan pesawat luar negeri 115 penerbangan, total penumpang dalam negeri 15.665 pax, serta total penumpang luar negeri 18.531 pax.

Pada 16 November 2022, untuk penerbangan reguler domestik tersedia sebanyak 141 slot penerbangan dengan kapasitas 22.837 kursi atau 61 persen dari periode normal (233 slot dengan kapasitas 40.067 kursi). Sedangkan untuk penerbangan reguler internasional tersedia sebanyak 174 slot dengan kapasitas 40.872 kursi atau 111 persen dari periode normal (157 slot dengan kapasitas 37.186 kursi).

Di sisi lain, pengaturan penerbangan yang dilakukan pada hari puncak kepulangan para delegasi KTT G20, Rabu (16/11/2022) telah dilakukan di Bandara Ngurah Rai, Bali.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Nobvie Riyanto mengatakan pada Rabu kemarin, mulai pagi hingga tengah malam terdapat 39 keberangkatan penerbangan VVIP, baik menggunakan pesawat kenegaraan maupun komersial. Dari total penerbangan, sebanyak 25 penerbangan merupakan pesawat para kepala negara dan pimpinan lembaga internasional, sementara sisanya adalah pesawat yang mengangkut para tim pendukung delegasi. Sebelumnya, pada Selasa (15/11/2022), terdapat 5 keberangkatan penerbangan VVIP dari Bandara Ngurah Rai.

"Beberapa pesawat VVIP yang berangkat pada Rabu 16 November kemarin yaitu Pesawat Air Force One Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang berangkat pukul 14.26 WITA, pesawat kenegaraan Presiden Turki Erdogan yang berangkat pukul 16.05 WITA, serta pesawat Presiden Perancis Emmanuel Macron yang berangkat pukul 19.30 WITA," terangnya melalui keterangan resmi, Kamis (17/11/2022).

Dalam proses kepulangan delegasi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi turut mengantar kepulangan para delegasi di Bandara Ngurah Rai. Mereka adalah Perdana Menteri Italia, Ms. Giorgia Meloni yang berangkat pukul 20.00 WITA menggunakan private jet dan Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard yang berangkat pukul 18.40 WITA menggunakan pesawat komersial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper