Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Menteri Suharso Sebut Penerimaan Negara Bisa Capai US$2 Triliun, Asal...

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan ada potensi penerimaan negara yang besar dari pengelolaan kekayaan laut Indonesia.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 01 November 2022  |  11:34 WIB
Menteri Suharso Sebut Penerimaan Negara Bisa Capai US$2 Triliun, Asal...
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam Seminar Nasional Blue Finance dan Peluncuran Blue Finance Instrument Guideline di Kantor Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, Selasa(1/11/2022). - Bisnis/Ni Luh Anggela
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyampaikan Indonesia berpotensi mendapatkan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sampai dengan US$2 triliun jika mampu mengelola laut dengan baik.

Hal tersebut disampaikan Suharso dalam Seminar Nasional Blue Finance dan Peluncuran Blue Finance Instrument Guideline di Kantor Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, Selasa (1/11/2022).

“Dengan mengelola laut kita yang baik, sebenarnya di sana ada potensi setidaknya setiap tahun itu kita bisa mendapatkan angka yang besar sekali dari PNBP nya mungkin bisa sampai dengan US$2 triliun sebenarnya. Tapi hari ini yang diperoleh kita jauh dari angka itu,” kata Suharso.

Maka dari itu, pemerintah mulai melakukan pengembangan Ekonomi Biru di Indonesia guna mendukung percepatan ekonomi di Indonesia.

Suharso menuturkan, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, potensi sektor biru mampu menjadi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang hingga saat ini belum dimanfaatkan secara optimal.

Menurutnya, membangun ekonomi biru yang berkelanjutan dan sejahtera dapat berkontribusi pada peningkatan pendapatan dari kegiatan berbasis laut. 

Ini kemudian dapat disalurkan kembali untuk konservasi laut, mendorong mata pencaharian yang berkelanjutan bagi masyarakat pesisir, dan melestarikan keanekaragaman hayati laut dengan pemulihan ekosistem laut dan pesisir.

“Inti dari Ekonomi Biru adalah Sustainable Development yang merupakan bagian sekaligus pengayaan dari Ekonomi Hijau  dengan semboyan “Blue Sky – Blue Ocean” dimana ekonomi dapat bertumbuh, rakyat sejahtera, namun langit dan laut tetap biru,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Suharso Monoarfa bappenas blue economy penerimaan negara
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top