Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

PUPR: Aplikasi Transaksi Tol MLFF Cantas akan Terhubung ETLE

Cantas sebagai aplikasi transaksi non-tunai nirsentuh di jalan tol (MLFF) akan terhubung dengan tilang elektronik (ETLE).
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 09 Oktober 2022  |  17:53 WIB
PUPR: Aplikasi Transaksi Tol MLFF Cantas akan Terhubung ETLE
Pengendara melakukan transaksi pembayaran tol non-tunai di gerbang tol Pejompongan, Jakarta, Selasa (12/9). - ANTARA/Rivan Awal Lingga
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penerapan sistem pembayaran tol non-tunai nirsentuh atau bayar tol tanpa henti (Multi Lane Free Flow/MLFF) nantinya akan terkoneksi dengan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Project Manager PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) Supply Chain & Business Relation, Emil Iskandar mengatakan untuk penegakan hukum dari penerapan MLFF, nantinya pihaknya akan bekerja sama dengan Korps Lalu Lintas Polri.

Dia menjelaskan, untuk penindakan pelanggaran, Korlantas adalah sebagai salah satu pihak yang memiliki pusat data dari identifikasi kendaraan yang akan dicocokan melalui nomor kendaraan bermotor.

"Nanti yang ngirim notifikasi dari Korlantas dari surat ETLE, nanti dikirim notifikasinya kalau tidak bayar, nanti STNK-nya bisa terblokir juga," kata Emil dikutip Minggu (9/10/2022).

Emil menjelaskan dalam penerapaan MLFF, selain melalui aplikasi atau electronic on-board unit (E-OBU), terdapat metode deklarasi lainnya yang dapat digunakan masyarakat untuk melakukan transaksi di jalan tol.

Untuk kendaraan logistik, nantinya akan menggunakan on-board unit yang akan dipasangkan di kendaraan-kendaraan untuk mendeteksi global naviigation satelite system (GNSS) yang akan mengkalkulasi jumlah pembayaran sesuai dengan rute perjalanan.

Metode lainnya, bagi pengguna jalan tol yang tidak memiliki telefon pintar, dapat melakukan deklarasi tol melalui electronic route ticket dengan memilih titik masuk dan keluar sekali pakai yang dapat dibeli pada laman resmi Cantas, aplikasi MLFF, vending machine, dan konter minimarket.

"Orang yang tidak memiliki smartphone dapat dimitigasi dengan membeli electronic route ticket," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Multi Lane Free Flow (MLFF) jalan tol tol Tilang Elektronik
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top