Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hati-hati! Ini Tips Beli Rumah Seken Layak dan Aman

Berikut cara menentukan pilihan rumah seken yang layak dan aman untuk ditinggali.
Ilustrasi - Deretan perumahan. /Antara Foto-Oky Lukmansyah-pd
Ilustrasi - Deretan perumahan. /Antara Foto-Oky Lukmansyah-pd

Bisnis.com, JAKARTA - Pembelian rumah seken harus dilakukan dengan penuh ketelitian dan pertimbangan, mulai dari lokasi strategis, kualitas bangunan, fasilitas pendukung, hingga legalitas bangunan.

Country Manager Rumah123.com Maria Herawati Manik memberikan sejumlah tips untuk para pembeli rumah seken dalam menentukan pilihan rumah yang layak dan aman untuk ditinggali.

"Pembeli rumah seken harus lebih jeli dalam melihat status dari properti, tentunya harus punya dokumen legal yang lengkap dan tidak bermasalah," kata Maria saat dihubungi, Jumat (7/10/2022).

Penting juga untuk memperhatikan riwayat penggunaan rumah. Konsumen diimbau untuk menanyakan legalitas rumah seken, kelengkapan berkas, dan memastikan terbebas dari masalah lahan dan lainnya.

Di sisi lain, Maria menuturkan daerah sekitar rumah seken yang diincar juga penting untuk diperhatikan, seperti akses, bebas banjir, hingga fasilitas infrastruktur pendukung.

"Dalam artian aksesnya mudah untuk keluar masuk kendaraan roda empat, aman dari banjir, jauh dari tempat pembuangan sampah atau area rawa-rawa," jelasnya.

Selain itu, yang juga penting untuk dilihat yaitu jarak tempuh yang dekat dengan infrastruktur pendukung seperti jalan tol sampai fasilitas umum layaknya rumah sakit dan sekolah.

Diberitakan sebelumnya, beberapa rumah seken yang banyak dijual biasanya berada di kawasan elit, seperti Pondok Indah, Menteng, dan Kelapa Gading.

Berdasarkan Flash Report Rumah123.com edisi September, kenaikan harga rumah seken secara bulanan naik tipis di wilayah Jakarta yang naik 0,5 persen, Tangerang naik sebesar 0,3 persen, Depok naik 0,1 persen, dan Bogor naik 2,4 persen.

Maria menerangkan, meski kenaikan terus terjadi dalam beberapa bulan ke belakang, namun minat rumah seken di wilayah tersebut masih cukup terjaga dengan perbandingan yang seimbang dari sisi suplai.

"Jakarta Barat dan Jakarta Selatan jadi dua lokasi yang pada September kemarin paling banyak dicari oleh konsumen rumah seken, dengan persentase 12,1 persen dan 9,7 persen [secara berturutan]," jelasnya.

Rumah tapak masih menjadi incaran utama para pencari properti seken. Adapun minatnya yang tinggi di hunian tipe 21 dan tipe 45 untuk konsumen dari kalangan investor atau upgrader.

Umumnya, rumah seken tipe tersebut berada di kisaran harga Rp400 juta sampai Rp1 miliar dengan spesifikasi yang beragam tergantung kebutuhan para pencari properti seken.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper