Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jemaan Umrah yang Pakai Lion Air Terbang dari Terminal 2F Bandara Soetta

Penerbangan Umrah yang menggunakan Lion Air dijadwalkan terbang dari terminal 2F di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).
Pesawat Lion Air terparkir di Apron Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Pesawat Lion Air terparkir di Apron Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA -- Pergerakan penumpang di Bandara Soekarno- Hatta kembali mengalami peningkatan seiring dengan dimulainya penerbangan umrah yang akan dilayani di terminal 2F dan terminal 3. 

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi menuturkan untuk menampung jemaah umrah, perseroan juga menyiapkan penyesuaian di sejumlah terminal penumpang. Dia menjelaskan untuk terminal 2F bakal melayani penerbangan internasional yakni penerbangan umrah yang dilayani Lion Air menuju Jeddah, Arab Saudi.

Dengan demikian pada awal Oktober 2022, jemaah umrah yang berangkat ke Tanah Suci menggunakan Lion Air dilayani di Terminal 2F dari sebelumnya di Terminal 3.

"Kebijakan ini juga sebagai salah satu upaya penyeimbangan pergerakan pesawat dan penumpang antara Terminal 2 dan Terminal 3, serta memastikan aspek pelayanan selalu terjaga dengan baik,” ujarnya melalui keterangan resmi dikutip, Senin (3/10/2022).

Adapun pada awal tahun ini, seluruh penerbangan umrah dilayani di Terminal 3. Sebelum periode ibadah haji pada Juni 2022, jumlah jemaah umrah yang berangkat dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada Januari - Mei 2022 secara kumulatif mencapai sekitar 340.000 orang.

Diperkirakan jumlah penerbangan umrah akan semakin meningkat, sehingga mulai 1 Oktober 2022 penerbangan ke Jeddah oleh Lion Air akan dilayani melalui Terminal 2F, sementara penerbangan ke Jeddah oleh Garuda Indonesia dan Saudia tetap di Terminal 3.

"Penerbangan ke Jeddah oleh Lion Air akan dilayani melalui Terminal 2F, sementara penerbangan ke Jeddah oleh Garuda Indonesia dan Saudia tetap di Terminal 3," tekannya.

Adapun, Lion Air rata-rata akan mengoperasikan 3 - 4 penerbangan/hari dari Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta menuju Jeddah. Tercatat, rata-rata pergerakan penumpang Lion Air di rute Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta - Jeddah, untuk keberangkatan dan kedatangan, sekitar 2.500 orang per hari.

Sejauh ini, tuturnya, penerbangan perdana jemaah umrah dari Terminal 2 berjalan lancar karena kesiapan aspek keamanan, keselamatan dan pelayanan.

Sejumlah fasilitas umum telah disiapkan seperti musholla, begitu juga layanan check in counter, keimigrasian, Bea dan Cukai, dan penanganan bagasi yang telah siap melayani jemaah umrah.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menuturkan penyesuaian ini memperhatikan dinamika terkini khususnya peningkatan lalu lintas penerbangan.Saat ini, sebut Awaluddin, bandara-bandara AP II tengah memasuki periode pemulihan di mana lalu lintas penerbangan, termasuk di Bandara Soekarno-Hatta, mengalami peningkatan.

“Oleh karena itu, AP II melakukan penyesuaian operasi di Bandara Soekarno-Hatta guna memastikan penerbangan termasuk alur keberangkatan dan kedatangan penumpang di seluruh terminal penumpang dapat tetap berjalan lancar dan memenuhi protokol kesehatan,” tekannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper