Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Resmi! Tarif Tol Serbaraja Seksi 1A Berlaku per 4 Oktober 2022, Berikut Tarifnya

Tol Serbaraja seksi 1A akan segera bertarif sesuai golongan kendaraan dan diberlakukan mulai 4 Oktober mendatang.
Afiffah Rahmah Nurdifa
Afiffah Rahmah Nurdifa - Bisnis.com 02 Oktober 2022  |  16:43 WIB
Resmi! Tarif Tol Serbaraja Seksi 1A Berlaku per 4 Oktober 2022, Berikut Tarifnya
Sinar Mas Land melalui PT Trans Bumi Serbaraja melaksanakan Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO) Tol Serpong/Balaraja (Serbaraja) seksi 1A sepanjang 5,15 kilometer / Dok. Sinar Mas Land.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Tarif tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) seksi 1A resmi diberlakukan mulai 4 Oktober 2022 mendatang. Sebelumnya, ruas tol ini telah beroperasi fungsional tanpa tarif pada 10-21 Agustus 2022.

Sejak diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis, (20/9/2022) lalu, ruas tol inipun dioperasionalkan tanpa tarif sampai dengan 3 Oktober 2022 sebagai masa sosialisasi.

Direktur PT Bumi Serping Damai Tbk Siswanto Adisaputro, selaku Presiden Direktur PT Trans Bumi Serbaraja memaparkan pemberlakuan tarif tol serbaraja seksi 1A ini dilakukan berdasarkan SK yang dikeluarkan Kementerian PUPR.

"Terhitung mulai 4 Oktober 2022 pukul 00.00 WIB, ruas Tol Serbaraja seksi 1A resmi bertarif sesuai dengan Surat Keputusan Menteri PUPR yang telah diterbitkan," kata Siswanto, Minggu (2/10/2022).

Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1116/KPTS/M/2022 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol, tol serbaraja seksi 1A akan dikenakan tarif dengan besaran sebagai berikut:

Golongan I Rp5.500
Golongan II & III Rp8.500
Golongan IV & V Rp11.000.

"Dengan beroperasinya Tol Serbaraja seksi 1A sepanjang kurang lebih 4 km diharapkan dapat mengurai kemacetan yang terjadi di wilayah Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang," ujarnya.

Tol ini menjadi akses konektivitas ujung jalan tol esksiting yaitu Ulujami-Serpong yang berada di sisi klaster The Green BSD City ke arah simpang susun CBD BSD City di sisi AEON Mall, serta terkoneksi dengan kawasan TOD Intermoda BSD City.

"Selain itu, keberadaan tol ini mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga kesejahteraan masyarakat di kedua wilayah serta Provinsi Banten," jelasnya.

Untuk diketahui, ruas tol ini akan terkoneksi dengan tol Jakarta-Serpong, tol Jakarta-Merak, JORR dan berbagai ruas tol di Pulau Jawa. Setelah menyelesaikan seksi 1A, PT Trans Bumi Serbaraja kini tengah melanjutkan pembangunan ruas tol untuk seksi 1B.

Nantinya tol Serbaraja akan memiliki total keseluruhan panjang ±40 km yang terbagi dalam tiga tahap yakni seksi I Serpong-Legok (±9,8 km), seksi II Legok-Pasir Barat (±11,5 km), dan seksi III Pasir Barat-Balaraja (±18,6 km).

Tak hanya itu, Tol Serpong-Balaraja akan meringankan beban kendaraan yang selama ini ditanggung oleh sejumlah jalan di kawasan Tangerang Raya, Banten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol tarif tol tol tol trans jawa proyek tol
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top