Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Serbaraja Seksi 1A Beroperasi, Properti Tangsel Makin Prospektif?

Kehadiran Tol Serbaraja Seksi 1A bisa mendorong pertumbuhan sektor properti, namun ini yang mesti diperhatikan konsumen.
Foto udara suasana ruas tol Serpong-Balaraja di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (11/7/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Foto udara suasana ruas tol Serpong-Balaraja di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (11/7/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Kehadiran infrastruktur Jalan Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) Seksi 1A berpeluang meningkatkan pertumbuhan sektor properti di kawasan Tangerang dan sekitarnya.

Sebagai informasi, jalan tol yang diprakarsai PT Trans Bumi Serbaraja itu telah resmi beroperasi sejak Selasa, (20/9/2022). Ruas tol ini terbentang sepanjang 4 kilometer dengan nilai investasi sebesar Rp5,4 triliun.

Pembangunan infrastruktur tersebut tentunya akan berpengaruh ke sektor properti. Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan ditengah operasional infrastruktur yang semakin maju, ada hal lain yang mesti dipertimbangkan oleh pencari rumah di kawasan Tangerang.

"Tol Serbaraja cukup unik karena merupakan prakarsa kelompok usaha Sinarmas melalui PT Trans Bumi Serbaraja. Namun, yang harus diperhatikan oleh pencari rumah setidaknya ada dua hal," kata Marine, Jumat (23/9/2022).

Pertama yaitu lokasi-lokasi mana yang mendapat akses dari Tol Serbaraja Seksi 1A dan lokasi mana yang akan mendapat akses langsung dengan kehadiran trase berikutnya yang telah direncanakan, beserta timeline pengerjaannya.

Diberitakan sebelumnya, ruas tol ini akan menjadi koneksi antara ujung jalan tol eksisting yaitu Ulujami-Pondok Aren-Serpong di sisi klaster The Green BSD City menuju simpang susun CBD BSD City atau di sisi AEON Mall.

Di samping itu, jalan tol ini juga akan langsung terkoneksi dengan kawasan Transit Oriented Development (TOD) Intermoda BSD City. Hal ini dinilai menguntungkan untuk penduduk di sekitar kawasan tersebut.

"Kedua, seperti apa keterhubungan dengan area di luar proyek hunian dan komersial di luar kawasan BSD yang dikelola kelompok usaha Sinarmas," jelasnya.

Untuk diketahui, saat ini tengah berlanjut pengembangan seksi 1B sebagai lanjutan Tol Serbaraja yang akan terbentang sepanjang 5,4 km dari Simpang Susun BSD City sampai ke Simpang Susun Legok. Dengan begitu, konektivitas akan menjangkau masyarakat secara signifikan.

Di sisi lain, meski infrastruktur jalan tol tengah masif dibangun. Marine juga mengimbau para pencari rumah juga sebaiknya memperhatikan alternatif transportasi selain kendaraan pribadi.

Hal ini melihat dari maraknya operasional transportasi massal serta pembangunan hunian di kawasan TOD yang semakin terjangkau untuk para pencari rumah di satelit Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper