Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kecelakaan Beruntun Tol Pejagan-Pemalang, PUPR Minta BUJT Patroli Rutin

Kementerian PUPR akan meningkatkan pengawasan terhadap pemenuhan SPM usai adanya kecelakaan beruntun di jalan tol Pejagan-Pemalang.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 19 September 2022  |  19:16 WIB
Kecelakaan Beruntun Tol Pejagan-Pemalang, PUPR Minta BUJT Patroli Rutin
Foto udara jalan tol Pejagan-Pemalang di Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Senin (3/6/2019). - ANTARA/Oky Lukmansyah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memerintahkan operator Jalan Tol Pejagan-Pemalang untuk melakukan patroli rutin dan memasang kamera pemantau guna meningkatkan mitigasi kecelakaan.

Imbauan itu disampaikan Kementerian PUPR usai adanya insiden kecelakaan beruntun di Tol Pejagan-Pemalang KM 235+000 pada Minggu (18/9/2022).

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menyatakan pihaknya telah meminta seluruh operator jalan tol untuk meningkatkan patroli rutin untuk menemukan adanya potensi gangguan di sepanjang koridor jalan tol terhadap pengoperasian jalan tol dan lalu lintas sesuai dengan Standar Operasi dan Prosedur (SOP) yang berlaku.

Di samping itu, Kementerian PUPR meminta operator bekerja sama secara intensif dengan pemerintah daerah dan masyarakat di sepanjang koridor tol untuk mengurangi risiko gangguan yang bersumber dari berbagai kegiatan sosial ekonomi yang membahayakan pengguna jalan tol.

"Kami meminta untuk pasang CCTV untuk titik rawan memastikan apa yang tidak tertangkap patroli bisa ditangkap CCTV ke depannya, di mana sering terjadi pembakaran akan dipasang CCTV," kata Hedy di Jakarta, Senin (19/9/2022).

Kementerian PUPR juga akan meningkatkan pengawasan terhadap pemenuhan standar pelayanan minimal (SPM) oleh badan usaha jalan tol (BUJT) untuk menjamin keselamatan dan keamanan para pengguna jalan tol.

Sementara itu, Kementerian PUPR meminta PT Pejagan Pemalang Tol Road (PPTR) bersama PT Jasa Raharja untuk mempercepat penyelesaian penggantian atas kerugian material dan imaterial yang dialami oleh pengguna jalan tol sesuai dengan hak-haknya yang diatur dalam ketentuan dan peraturan perundang-undangan.

"Kementerian PUPR memberikan dukungan penuh kepada pihak Kepolisian Daerah Jawa Tengah dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi yang sedang melakukan investigasi lebih lanjut mengenai penyebab dan kronologi kecelakaan lalu lintas beruntun tersebut," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Putra Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Kejaksaan Agung Amir Yanto meninggal dunia dalam kecelakaan beruntun di Brebes, Jawa Tengah.

Kecelakaan beruntun terjadi pada Minggu (18/9/2022) melibatkan kurang lebih delapan kendaraan. Peristiwa tersebut menewaskan satu orang dan belasan orang lainnya luka-luka.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol. Iqbal Alqudusy membenarkan peristiwa kecelakaan beruntun yang dipicu oleh asap tebal akibat pembakaran ilalang di pinggiran tol.

"Asap akibat pembakaran itu menyebabkan jalan menjadi gelap sehingga terjadi kecelakaan beruntun,” kata Iqbal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kecelakaan Kementerian PUPR jalan tol tol pejagan-pemalang
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top