Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan MRT Fase 2A Harmoni - Mangga Besar Resmi Dimulai

Pemerintah mulai melakukan pembangunan MRT Fase 2 Harmoni Mangga Besar, waspdai kemungkinan macet lalu lintas.
Stasiun MRT di Jakarta./Instagram @mrtjkt
Stasiun MRT di Jakarta./Instagram @mrtjkt

Bisnis.com, JAKARTA – Proyek pembangunan MRT Fase 2A segmen Harmoni – Mangga Besar resmi berlanjut dimulai.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan MRT fase 2A (koridor selatan-utara) ini telah dimulai dan diteruskan sampai Ancol.

Proyek MRT yang dibangun tak hanya bangun selatan-utara, tetapi juga nantinya kita akan bangun MRT fase 3 koridor timur – barat dan juga fase 4 dari Fatmawati sampai TMII.

Menhub juga mendukung agar pemerintah akan terus konsisten membangun angkutan massal yang bisa menghubungkan tempat-tempat wisata. Seperti MRT Fase 2A akan melewati kawasan warisan sejarah (heritage) yang juga menjadi destinasi wisata, salah satunya yaitu di kawasan Kota Tua, Jakarta Kota.

“Saya mendukung pembukaan kembali Kawasan Kota Tua oleh pemprov DKI yang nantinya akan memberikan nilai tambah bagi kehadiran MRT. Dengan dilewati MRT, diharapkan kawasan Kota Tua ini akan menjadi destinasi wisata favorit masyarakat,” ujarnya, Minggu (11/9/2022).

Keberlanjutan pembangunan MRT di Jakarta tidak terlepas dari kolaborasi yang baik antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan juga kerja sama dengan pemerintah Jepang yang telah membantu dalam pembiayaan proyek MRT.

“Apa yang kita lakukan ini menjadi contoh bagi kota-kota lainnya untuk menjadikan angkutan massal sebagai prioritas. Dengan semakin banyak masyarakat yang beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan massal, kita bisa berhemat puluhan triliun dari biaya BBM. Semoga MRT ini menjadi kebanggan kita semua,” imbuh Menhub.

Jalur MRT Harmoni – Mangga Besar merupakan bagian dari proyek MRT Fase 2A, yang membentang sepanjang 6,3 Km dari Thamrin sampai ke Jakarta Kota, yang melewati tujuh stasiun bawah tanah yaitu Thamrin-Monas-Harmoni-Sawah Besar-Mangga Besar-Glodok-Kota.

Pembangunan MRT Fase 2A terbagi atas tiga paket, yakni CP 201, CP 202, dan CP 203. Untuk Fase 2A CP 202 membentang sepanjang 1,8 Km melewati tiga stasiun bawah tanah, yakni Stasiun Harmoni-Sawah Besar-Mangga Besar. Diproyeksikan, keseluruhan pembangunan MRT Fase 2A dapat diselesaikan pada tahun 2028.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper