Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kereta Cepat Pertama di Asia Tenggara, Mulai Dirakit di Tegalluar

Rangkaian kereta cepat Jakarta Bandung (KCJB), pertama di Indonesia dan Asia Tenggara akan mulai proses perakitan.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 05 September 2022  |  12:42 WIB
Kereta Cepat Pertama di Asia Tenggara, Mulai Dirakit di Tegalluar
Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) mulai dikirim dari China ke Indonesia pada Jumat (5/8 - 2022) / Dok. KCIC
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Rangkaian Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang merupakan kereta api cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara akan mulai proses perakitan di Depo Tegalluar.

Presiden Direktur PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menyebutkan dua trainset atau rangkaian kereta api cepat sudah tiba di Dermaga 200-2021 Pelabuhan Tanjung Priok Non Peti Kemas, Jumat (2/9/2022). Terdiri atas, 1 rangkaian kereta inspeksi dan 1 rangkaian kereta api cepat KCIC400AF untuk penumpang.

“Alhamdulillah rangkaian kereta api cepat Jakarta-Bandung secara bertahap sudah mulai tiba di Indonesia. Saat ini sebanyak dua rangkaian yang tiba dan akan dibawa ke Tegalluar untuk proses perangkaian ulang," ujar Dwiyana, dikutip Senin (5/9/2022).

Proses pengiriman dari Tanjung Priok ke Tegalluar akan mulai dilakukan Senin hingga Kamis pukul 22.00 WIB-05.00 WIB, sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas.

Nantinya, kereta api cepat Jakarta-Bandung akan menjalani uji dinamis di momen G20 pada November mendatang. Rencananya Presiden Joko Widodo dan Presiden Tiongkok Xi Jinping akan melakukan kunjungan kerja melihat progress pekerjaan sekaligus mencoba Kereta Inspeksi (EMU - CIT) dari DK 127 menuju Stasiun Tegalluar.

Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo menyebutkan kedatangan rangkaian kereta api cepat di Indonesia ini menjadi salah satu bentuk kesiapan jelang kegiatan G20 yang akan diadakan November 2022.

"Alhamdulillah rangkaian kereta api cepat Jakarta-Bandung pertama sudah tiba di Indonesia. Ketibaan rangkaian kereta api cepat ini menjadi kabar baik untuk Indonesia dan menunjukkan bahwa Indonesia bisa bersaing dengan negara maju lainnya," ujar Kartika Wirjoatmodjo, dalam keterangan tertulis, Jumat (2/9/2022).

Setelah kedatangan perdananya di awal September ini, rangkaian kereta api cepat lainnya selanjutnya akan tiba pada 25 Desember 2022, 25 Februari 2023, dan 15 Maret 2023.

Hingga akhir Agustus 2022, progres konstruksi kereta cepat Jakarta-Bandung telah mencapai 77,34 persen mengacu pada milestone achievement. Kereta cepat tersebut nantinya akan tersedia di 4 stasiun, yakni Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kereta Cepat proyek kereta cepat jakarta-bandung KCIC tanjung priok
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top