Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Proses Pengiriman Kereta Cepat Jakarta-Bandung ke Depo Tegalluar

Pengiriman rangkaian kereta api cepat Jakarta-Bandung ini dilakukan dalam 4 batch setelah kedatangan perdana di Pelabuhan Tanjung Priok.
Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) mulai dikirim dari China ke Indonesia pada Jumat (5/8/2022) - Dok. KCIC
Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) mulai dikirim dari China ke Indonesia pada Jumat (5/8/2022) - Dok. KCIC

Bisnis.com, JAKARTA - Pengiriman rangkaian kereta api cepat Jakarta-Bandung ini dilakukan dalam 4 batch setelah kedatangan perdana di Pelabuhan Tanjung Priok pada Jumat (2/9/2022).

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana melanjutkan, setelah kedatangan perdana, rangkaian kereta api cepat ini selanjutnya akan tiba pada 25 Desember 2022, Kemudian pada 25 Februari 2023 dan pada 15 Maret 2023.

Setelah tiba di Tanjung Priok, seluruh rangkaian KCIC400AF akan dikirim ke Depo Tegalluar. Nantinya, KCIC400AF akan dirangkai ulang atau dire-assembly menjadi suatu kesatuan.

"Pengiriman rangkaian KCIC40AF ke Depo Tegalluar akan melalui jalur darat. Pada prosesnya PT KCIC sudah melakukan koordinasi dengan pihak BPJT, PJR, Pelindo dan juga Jasa Marga," ujarnya, Jumat (2/9/2022).

Proses pengiriman hanya dilakukan pada hari Senin hingga Kamis pada pukul 22.00 WIB-05.00 WIB. Artinya, perjalanan akan dilakukan di masa arus lalu lintas tidak tinggi. Dengan demikian, diharapkan proses perjalanan ke Depo Tegalluar ini tidak mengganggu arus lalu lintas.

Oleh karena itu, Dwiyana memohon pengertian dan doanya kepada masyarakat, agar proses pengiriman KCIC400AF dari Tanjung Priok ke Tegalluar dapat berjalan lancar.

“Kami tentu memohon maaf kepada masyarakat apabila nantinya dalam proses pengiriman KCIC400AF berdampak pada mobilitas masyarakat. Semoga, seluruh prosesnya berjalan lancar," harapnya.

Perlu diketahui, kereta api cepat Jakarta-Bandung akan menjalani uji dinamis di gelaran G-20 pada November mendatang. Rencananya Presiden RI, Joko Widodo dan Presiden Tiongkok, Xi Jinping akan melakukan kunjungan kerja melihat progress pekerjaan sekaligus mencoba Kereta Inspeksi (EMU - CIT) dari DK 127 menuju Stasiun Tegalluar. Saat ini PT KCIC bersama konsorsium kontraktor terus melakukan berbagai percepatan pembangunan dan mempersiapkan kebutuhan jelang uji dinamis tersebut serta operasional pada tahun depan.

KCIC juga mengkonfirmasi kedatangan rangkaian kereta api cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang sudah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (2/9/2022).

Presiden Direktur PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengeklaim ngkaian kereta api cepat yang datang ini merupakan rangkaian kereta api cepat pertama yang tiba di Indonesia dan Asean. Adapun sebanyak dua trainset atau rangkaian kereta api cepat sudah tiba di Dermasa 200-2021 Pelabuhan Tanjung Priok Non Peti Kemas. Terdiri atas, 1 rangkaian kereta inspeksi dan 1 rangkaian kereta api cepat KCIC400AF untuk penumpang.

“Rangkaian kereta api cepat Jakarta-Bandung secara bertahap sudah mulai tiba di Indonesia. Saat ini sebanyak dua rangkaian yang tiba dan akan dibawa ke Tegalluar untuk proses perangkaian ulang," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper