Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Agustus 2022 Deflasi 0,21 Persen, 2 Komoditas Pangan Ini Masih Mahal

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat telur ayam ras dan beras menjadi dua komoditas penyumbang inflasi pada Agustus 2022.
Indra Gunawan
Indra Gunawan - Bisnis.com 01 September 2022  |  13:24 WIB
Agustus 2022 Deflasi 0,21 Persen, 2 Komoditas Pangan Ini Masih Mahal
Pedagang menunjukkan telur di Jakarta, Minggu (31/7/2022). Bisnis - Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat telur ayam ras dan beras menjadi sumber inflasi yang cukup tinggi terhadap inflasi dalam kelompok makanan-minuman dan rokok filter kretek.

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan telur menyumbang inflasi pada Agustus sebesar 0,022 persen secara year on year (yoy) dengan harga rata-rata Rp29.014 per kilogram. Kemudian, beras menyumbang inflasi 0,016 persen.

“Kedua komoditas ini menurut saya penting untuk diperhatikan karena ini merupakan selain bobotnya besar dalam inflasi dan juga pergerakan harganya perlu diperhatikan waktu ke waktu,” ujar Margo dalam keterangan pers, Kamis (1/9/2022).

Margo menyampaikan bahwa inflasi pada kelompok makanan-minuman dan tembakau secara yoy itu sebesar 7,73 persen pada Agustus. Adapun total inflasi secara yoy  sebesar 4,69 persen.

Pada bulan Agustus, komoditas beras mengalami inflasi sebesar 0.54 persen secara month to month (mtm) yang didorong oleh kenaikan harga gabah. Komoditas telur sendiri secara mtm mengalami inflasi sebesar 2,87 persen yang didorong oleh kenaikan harga telur ayam ras.

Menurut Margo, selain dua komoditas  itu yang dominan atau memberi andil terhadap inflasi dari kelompok makanan-minuman dan tembaaku ini adalah cabai merah, minyak goreng, rokok kretek filter, ikan segar, dan bawang merah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi BPS telur Harga Beras
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top