Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bandara AP I Layani Kepulangan 46.579 Jemaah Haji

PT Angkasa Pura I (AP I) melayani kepulangan 46.579 jemaah haji dari 121 kelompok terbang atau kloter.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 20 Agustus 2022  |  12:46 WIB
Bandara AP I Layani Kepulangan 46.579 Jemaah Haji
Jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama tiba Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (17/7/2022). Sebanyak 450 jamaah haji kloter pertama asal Tuban kembali ke tanah air setelah menunaikan ibadah haji. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I mencatat telah melayani kepulangan sebanyak 46.579 jemaah dari Tanah Suci yang terbagi dalam 121 kelompok terbang atau kloter melalui 6 bandara kelolaannya.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi menjelaskan seluruh proses kepulangan jemaah haji yang berlangsung pada periode 15 Juli 2022 hingga 14 Agustus 2022 berjalan dengan aman, tertib, dan lancar.

Setelah dua tahun lamanya tidak melayani penerbangan angkutan haji, Faik menyambut pelaksanaan angkutan haji di tahun ini dengan antusias. Tentunya hal ini juga merupakan salah satu momentum bagi Perusahaan untuk dapat memulihkan kinerja dari dampak pandemi Covid-19.

"Syukur Alhamdulillah, seluruh rangkaian proses embarkasi dan debarkasi jamaah haji berlangsung dengan tertib, lancar, aman, dan dapat memberikan rasa nyaman kepada seluruh jemaah haji," ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (20/8/2022).

Pada musim haji tahun 2022 ini, AP I telah menyiapkan enam bandara yang dikelola sebagai bandara embarkasi dan debarkasi haji, yaitu Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Berdasarkan data AP I, Bandara Juanda Surabaya menjadi bandara kelolaan Angkasa Pura I yang melayani kepulangan jamaah haji terbanyak, yaitu mencapai 16.798 jamaah yang terbagi ke dalam 38 kloter. Bandara Adi Soemarmo Surakarta melayani kepulangan jamaah haji terbanyak kedua dengan jumlah 15.408 jamaah yang terbagi ke dalam 43 kloter, serta disusul oleh Bandara Sultan Hasanuddin Makassar di urutan tiga kepulangan jamaah haji terbanyak dengan 7.224 jamaah yang terbagi dalam 19 kloter.

Sementara itu, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan telah melayani kepulangan 2.620 jamaah haji yang terbagi dalam 8 kloter, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin telah melayani kepulangan 2.488 jamaah haji yang terbagi dalam 7 kloter, serta Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok telah melayani kepulangan 2.041 jamaah yang terbagi dalam 6 kloter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara angkasa pura i ap i jemaah haji
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top