Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setelah Volkswagen dan Tesla, Kini Ford Siap Investasi di Indonesia?

Benarkah Ford bakal investasi di Indonesia setelah Volkswagen dan Tesla? Ini kata Menteri Bahlil Lahadalia.
Logo Ford/Ford
Logo Ford/Ford

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengungkapkan saat ini pihaknya tengah melakukan penjajakan dan diskusi dengan Ford, perusahaan produsen mobil asal Amerika Serikat, untuk berinvestasi di Indonesia.

Bahlil mengaku telah bertemu dengan Vice President Ford Gerald Ford. Kendati demikian, Bahlil tak menjelaskan lebih lanjut kapan dan dimana pertemuan tersebut berlangsung.

"Kemarin saya juga ngomong sama Ford dari AS tapi saya belum menyampaikan tentang potensi investasi mereka, baru penjajakan dan kami diskusi," katanya dalam konferensi pers Realisasi Investasi Kuartal II/2022, Rabu (20/7/2022).

Di lain sisi, Bahlil memastikan Volkswagen (VW), pabrikan otomotif yang berbasis di Jerman, akan melakukan investasi di Indonesia tahun ini. VW sendiri dikabarkan akan melakukan investasi di Sulawesi dan membangun prekursor ketot-nya di Batang, Jawa Tengah. Sebelumnya, pemerintah juga telah menjajaki kerja sama dengan Tesla Inc. 

Meski demikian, Bahlil masih enggan untuk membeberkan besaran nilai investasi lantaran keduanya masih dalam tahap negosiasi.

Sementara itu, saat ditanya mengenai kelanjutan Tesla dan Foxconn, Bahlil mengungkapkan dirinya bersama Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan sudah berbagi tugas.

Menurutnya, Luhut yang akan melakukan komunikasi intens dan saya bertugas untuk komunikasi dengan Foxconn, khususnya yang terkait jaringan di AS. 

"Jadi jaringan saya di AS nggak terlalu bagus, tapi nggak terlalu kampung juga. Jadi urusan Elon Musk diserahkan ke Pak Menko Luhut. Mungkin saya tahu, tapi sedikit. Saya punya keyakinan ada tanda-tanda kebaikan," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper