Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menlu Inggris Liz Truss Janji Ubah Mandat Bank Sentral Jika Jadi Perdana Menteri

Liz Truss menjanjikan akan mengubah mandat BOE, tanpa merinci lebih jauh mandat apa yang akan diubah tersebut.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 18 Juli 2022  |  18:13 WIB
Menlu Inggris Liz Truss Janji Ubah Mandat Bank Sentral Jika Jadi Perdana Menteri
Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss di London, 17 September 2021. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perjuangan Bank of England (BOE) untuk menahan inflasi tercepat dalam empat dekade memicu kecaman dari dua anggota parlemen yang ingin menjadi Perdana Menteri Inggris berikutnya.

Dilansir Bloomberg pada Senin (18/7/2022), Menteri Luar Negeri Liz Truss mengisyaratkan dia dapat mengubah mandat bank sentral jika dia memenangkan kursi PM.

Dalam debat lima anggota parlemen Partai Konservatif yang tersisa yang bersaing untuk menggantikan Boris Johnson, Truss mengatakan Inggris menghadapi tekanan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ia juga menekankan bahwa bahwa strategi ekonomi bisnis seperti biasa tidak berfungsi.

Dia mengatakan pemerintah berikutnya harus melihat negara lain yang telah berhasil mengendalikan inflasi. Pernyataan ini mengacu pada Bank of Japan yang telah menghadapi serangan deflasi berulang dalam beberapa dekade terakhir meskipun menjalankan program pelonggaran kuantitatif terbesar dari semua bank sentral utama.

“Saya sepenuhnya mendukung kebebasan Bank of England. Kita perlu melihat praktik terbaik di seluruh dunia, melihat negara-negara yang paling berhasil mengendalikan inflasi,” ungkap Truss seperti dikutip Bloomberg, Senin (18/7).

BOE telah terseret ke dalam debat kepemimpinan karena inflasi yang tinggi mendorong krisis biaya hidup. BOE mendapat kebebasan pada tahun 1997 dan memiliki target inflasi 2 persen. Tetapi pertumbuhan inflasi saat ini mencapai 9,1 persen dan BOE memperkirakan akan mencapai dua digit meskipun lima kenaikan suku bunga berturut-turut, yang akan berlanjut bulan depan.

Truss saat ini berada di urutan ketiga dalam kontestasi menuju kursi Perdana Menteri. Namun berdasarkan jajak pendapat akhir pekan, Truss berpotensi mengalahkan seluruh pesaing di putaran final head-to-head di antara anggota Partai Konservatif lain.

Bank sentral Jepang telah melakukan lebih banyak pelonggaran kuantitatif, memiliki bagian lebih besar dari utang pemerintah daripada BOE dan secara teknis merupakan pemegang saham terbesar Jepang melalui investasi dalam dana yang diperdagangkan di bursa.

Neraca BOJ sekarang setara dengan sekitar 135 persen dari produk domestik bruto PDB. Di sisi lain, neraca BOE di bawah 40 persen dari PDB.

Ditanya juga tentang mandat BOE, mantan Menteri Keuangan Kemi Badenoch mengkritik lonjakan inflasi. Pembuat kebijakan moneter adalah "manusia", tetapi anggota parlemen belum menandai pekerjaan rumah mereka.

“Kita harus lebih berani menantang ortodoksi,” katanya.

Mantan Menteri Keuangan Rishi Sunak, yang saat ini paling diunggulkan, mengatakan dia khawatir dengan beberapa hal yang diketahui. Dia berpendapat bahwa rata-rata laju inflasi selama 25 tahun terakhir menunjukkan BOE telah berhasil memenuhi targetnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inggris pm inggris bank of england
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top