Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemendag Percepat Digitalisasi 1.000 Pasar Rakyat dan 1 Juta UMKM

Kemendag akan mempercepat digitalisasi 1.000 pasar rakyat dan 1 juta UMKM.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 18 Juli 2022  |  08:35 WIB
Kemendag Percepat Digitalisasi 1.000 Pasar Rakyat dan 1 Juta UMKM
Pedagang melayani pembeli di Pasar Karbela, Jakarta, Senin (9/5/2022). ANTARA FOTO - Dhemas Reviyanto
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menargetkan percepatan digitalisasi di 1.000 pasar rakyat dan 1.000.000 pedagang usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di seluruh Indonesia.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan target ini sejalan dengan perintah Presiden Joko Widodo agar Kemendag melakukan digitalisasi pasar rakyat, sehingga pasar-pasar rakyat memiliki loka pasar (marketplace) dan platform untuk menuju era digital yang sekarang sudah masuk di Indonesia.

"Artinya, ekosistem daring dibangundan ekosistem luring dikembangkan," ujar pria yang akrab disapa Zulhas dalam keterangan resmi, Senin (18/7/20222).

Dia berharap semoga Kemendag biasa bekerja sama dan berkolaborasi nyata dalam penerapan digitalisasi di pasar rakyat dan pelaku UMKM dengan berbagai pemangku kepentingan seperti Bank Indonesia melalui program transaksi nontunai Sehat, Inovatif, Aman, Pakai (SIAP) Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan jug pemanfaatan lokasi pasar melalui Tokopedia serta pemanfaatan ride hailing melalui Grab.

Lalu penerapan situs webpasar, informasi harga dan pencatatan omset pasar melalui Sistem Informasi Sarana Perdagangan (SISP) , penerapan informasi harga barang kebutuhan pokok melalui Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP); dan penerapan pembayaran retribusi secara elektronik melalui perbankan daerah maupun nasional.

“Saya sangat berharap digitalisasi perdagangan yang dilakukan di pasar rakyat dan UMKM dapat menjadi salah satu upaya untuk akselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang maju dan inklusif,”jelasnya.

Menurutnya, dengan jumlah lebih dari 64 juta UMKM, Indonesia memiliki potensi yang besar untuk mengakselerasi transformasi digital sektor perdagangan dan memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital Indonesia

Adapun, hingga Juli 2022 sudah terdapat 2.047 pasar rakyat menggunakan situs web pasar melalui SISP; 9 pasar rakyat onboarding pemasaran secara digital di Tokopedia; 537 pasar rakyat memanfaatkan e-monitoring harga bapok melalui SP2KP;9,7 juta UMKM memanfaatkan SIAP QRIS, 106.702 pedagang telah menggunakan pembayaran retribusi secara elektronik yang onboarding dan memanfaatkan platform digital, serta rencana implementasi pembukaan GrabMart bagi pedagang pasar di 9 kota di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemendag mendag Pasar Tradisional umkm
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top