Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mendag Klaim Harga Minyak Goreng Curah Terus Turun, Cek di Sini

Kementerian Perdagangan mencatat harga minyak goreng curah hari ini, Jumat (15/7/2022) berada di level Rp15.200 per liter secara nasional.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 15 Juli 2022  |  14:41 WIB
Mendag Klaim Harga Minyak Goreng Curah Terus Turun, Cek di Sini
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kedua kanan) berdialog dengan warga yang akan membeli minyak goreng kemasan saat peluncuran minyak goreng kemasan rakyat (MinyaKita) di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (6/7/2022). ANTARA FOTO - Galih Pradipta
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengeklaim harga minyak goreng curah terus menunjukkan penurunan selama sepekan terakhir.

Berdasarkan Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan, harga minyak goreng curah hari ini, Jumat (15/7/2022) berada di level Rp15.200 per liter secara nasional. Harga ini tercatat turun yakni Rp15.236 pada Kamis (14/7/2022).

Jika dirinci, harga minyak goreng pada Senin (8/7/2022) sebesar Rp15.614 per liter, lalu turun pada keesokan harinya menjadi Rp15.506, terus turun menjadi Rp15.485 per liter pada Rabu lalu.

“Ini merupakan kabar baik. Upaya konkret pemerintah pusat bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menjaga stabilitas harga minyak goreng telah membuahkan hasil,” katanya, dikutip dari keterangan resminya, Jumat (15/7/2022).

Mendag Zulhas menyebut untuk mengoptimalkan distribusi minyak goreng melalui skema  Domestic Market Obligation (DMO), pemerintah pusat akan memperluas cakupan pendistribusian minyak goreng curah kemasan rakyat ke seluruh wilayah Indonesia. 

Minyak goreng tersebut  harus  menggunakan merek Minyakita dan mencantumkan harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp14.000/liter.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan telah meluncurkan program minyak goreng kemasan rakyat dengan merek Minyakita pada Rabu, (6/7/2022). Program tersebut menjadi salah satu solusi biaya pengemasan yang harus dikeluarkan oleh pedagang pengecer kepada konsumen.

“Oleh karena itu, diharapkan dalam satu bulan ini program sudah menjangkau terutama wilayah Indonesia Timur sehingga HET minyak goreng curah di seluruh Indonesia dapat segera tercapai,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Minyak goreng curah zulkifli hasan minyak goreng kemendag
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top