Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Update Harga Pangan 7 Juli 2022: Harga Bawang Merah Bergerak Naik

Harga bawang merah pada hari ini, Kamis (7/7/2022) rata-rata naik 0,56 persen atau Rp350 dibandingkan kemarin.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 07 Juli 2022  |  16:42 WIB
Update Harga Pangan 7 Juli 2022: Harga Bawang Merah Bergerak Naik
Pedagang merapikan bawang merah jualannya di Pasar Mandonga, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (27/6/2022). ANTARA FOTO - Jojon
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bawang merah yang menjadi salah satu komoditas pangan strategis yang harganya masih menunjukkan kenaikan hingga hari ini, Kamis (7/7/2022).

Berdasarkan laporan data di Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) hari ini pukul 16.17 WIB, harga bawang merah rata-rata naik 0,56 persen atau Rp350 dibandingkan kemarin, dari Rp62.750 menjadi Rp63.100 per kilogram.

Harga bawang merah terpantau mulai mengalami reli kenaikan pada akhir Mei 2022. Normalnya, menurut laporan pedagang, harga bawang merah di kisaran Rp25.000 per kilogram.

Menjelang puasa dan lebaran harga komoditas tersebut merangkak naik. Setelah momen lebaran, harga bawang merah enggan turun, harga malah terus terjadi kenaikan.

Sementara itu, bila dibandingkan dengan bulan lalu atau pada 7 Juni 2022 terpantau mengalami kenaikan dari harga Rp44.650 menjadi Rp63.100 per kilogram pada hari ini. Artinya, dalam satu bulan atau hingga hari ini, harga tersebut setidaknya sudah naik Rp18.450 per kilogram. 

Di pasar-pasar daerah Jakarta pun harga rata-rata bawang merah per hari ini naik Rp361 atau menjadi Rp73.659 per kg dibandingkan kemarin. Meski masih terpantau tinggi, harga bawang merah terendah dapat ditemukan di Pasar Induk Kramat Jati dengan harga Rp50.000 per kilogram.

Pada dasarnya kenaikan tersebut sejalan dengan pasokan yang masih terbatas. Untuk itu, Badan Pangan Nasional terus melakukan fasilitasi distribusi pangan dalam hal ini bawang merah, dari daerah surplus ke daerah defisit. 

Pada Senin lalu, Badan Pangan Nasional telah melakukan upaya fasilitasi distribusi pangan untuk memastikan pasokan dan harga pangan dalam kondisi cukup dan terjaga.

Badan Pangan Nasional telah melakukan pengiriman bawang merah dari Kabupaten Bima NTB ke Kota Bangka Provinsi Bangka Belitung sebanyak 15,67 ton (konde kering).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

harga pangan bawang merah pangan harga bawang
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top