Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengembang Menjerit, Harga Rumah Subsidi Sudah 3 Tahun Tak Naik!

Pengembang properti menyebut kenaikan harga rumah bersubsidi menjadi kian mendesak karena harga bangunan material terus melonjak.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 21 Juni 2022  |  17:29 WIB
Pengembang Menjerit, Harga Rumah Subsidi Sudah 3 Tahun Tak Naik!
Foto aerial kompleks perumahan bersubsidi di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (31/1/2020). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan anggaran perumahan bersubsidi untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) sebesar Rp11 triliun untuk 102.500 unit rumah pada 2020. Antara - Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA - Pengembang properti masih terus menanti keputusan pemerintah terkait usulan kenaikan harga rumah subsidi sebesar 7 persen.

Wakil Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (DPP REI) Hari Gani mengatakan kenaikan harga rumah bersubsidi menjadi kian mendesak karena harga bangunan material terus melonjak.

Dia menuturkan, dalam tiga tahun terakhir harga material untuk pembangunan rumah sudah mengalami kenaikan. Namun, harga jual rumah bersubsidi dalam jangka waktu tersebut tak kunjung mengalami perubahan.

"[Harga] rumah subsidi kita masih tunggu-tunggu, teman-teman pengembang di daerah sudah menjerit-menjerit, sudah tertimpa pandemi, harga belum naik pula," kata Hari kepada Bisnis di Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Hari mengungkapkan, berdasarkan pembahasan dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), usulan kenaikan harga rumah bersubsidi yang disepakati adalah sebesar 7 persen.

Menurutnya, meski kenaikan tersebut masih di bawah dari usulan para pengembang, besaran 7 persen itu masih lebih baik jika dibandingkan harga masih tetap dipertahankan dengan kondisi saat ini.

"Terakhir kami dengar dari teman-teman di PUPR, ini memang bolanya itu ada di Menteri Keuangan itu yang kita masih tunggu," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

properti rei rumah subsidi pengembang properti
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top