Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Asosiasi Jalan Tol Masih Persiapkan Uji Coba MLFF

Asosiasi tengah mendiskusikan aspek teknis, komersial, dan legal dengan para pihak terkait.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 27 Mei 2022  |  18:26 WIB
Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). ANTARA FOTO - M Risyal Hidayat
Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). ANTARA FOTO - M Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) masih mempersiapkan uji coba penerapan transaksi jalan tol tanpa kartu atau multi lane free flow (MLFF).

Sekretaris Jenderal ATI Kris Ade Sudiyono mengatakan pihaknya tengah mendiskusikan aspek teknis, komersial dan legalnya. "Kita masih mempelajari dan mendiskusikannya dengan pihak terkait," ujar Kris kepada Bisnis, Jumat (27/5/2022).

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR menargetkan sistem transaksi nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) akan diterapkan mulai akhir 2022. Sistem baru ini akan menggantikan kartu tol atau e-toll card.

Kepala BPJT, Danang Parikesit menyatakan pengemudi dapat menggunakan tiga metode pembayaran tol tanpa kartu setelah pemberlakuan sistem MLFF.

"Metode pembayaran menggunakan perangkat yang dapat digunakan seperti electronic on-board unit, on board unit, dan electronic route ticket," kata Danang.

Sistem MLFF ini nantinya ada dalam aplikasi di ponsel pintar yang diberi nama Cantas. Perwakilan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) Emil Iskandar mengatakan aplikasi tersebut nantinya direncanakan akan menjadi aplikasi yang bebas kuota Internet.

"Aplikasi ini dampaknya pada pemakaian data atau kuota internet. Terkait pemakaian data ini juga kita dalam proses awal untuk melakukan kerjasama dengan operator telekomunikasi di Indonesia, karena nanti kita menjadikan aplikasi Cantas itu adalah aplikasi yang boleh dikatakan bebas kuota. Tetapi nantinya model bisnisnya seperti apa dengan operator itu yang sedang kita pikirkan," kata Emil Iskandar dalam diskusi daring di Jakarta, Jumat (20/5/2022)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol tarif tol bpjt Multi Lane Free Flow (MLFF)
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top