Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bakal Gantikan Kartu Tol Akhir 2022, Begini Cara Kerja MLFF

Kementerian PUPR menargetkan sistem transaksi nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) akan diterapkan mulai akhir 2022.
Faustina Prima Martha
Faustina Prima Martha - Bisnis.com 19 Mei 2022  |  17:07 WIB
Gerbang tol Pasteur 1 di jalan tol Padaleunyi (Purbaleunyi). - Jasa Marga
Gerbang tol Pasteur 1 di jalan tol Padaleunyi (Purbaleunyi). - Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR menargetkan sistem transaksi nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) akan diterapkan mulai akhir 2022. Sistem baru ini akan menggantikan kartu tol atau e-toll card.

Kepala BPJT, Danang Parikesit menyatakan pengemudi dapat menggunakan tiga metode pembayaran tol tanpa kartu setelah pemberlakuan sistem MLFF.

"Metode pembayaran menggunakan perangkat yang dapat digunakan seperti electronic on-board unit, on board unit, dan electronic route ticket," kata Danang kepada Bisnis, Kamis (19/05/2022).

Menurut Danang, setiap metode memiliki spesifikasi yang berbeda-beda meskipun kegunaaannya sama. Misalnya, pengguna yang ingin membeli electronic route ticket dapat melakukannya di aplikasi MLFF maupun situs resmi, dengan memilih titik masuk dan keluar tol.

Sementara itu, untuk metode electronic onboard (E-OBU) ialah aplikasi yang diunduh pada ponsel dan terintegrasi dengan sistem pembayaran di gerbang tol.

"Bedanya dengan onboard unit, kalau onboard perangkatnya ditempel di kendaraan, kalau electronic onboard di ponsel," ujar Danang.

Danang mengungkapkan bahwa implementasi sistem MLFF akan dilakukan secara bertahap di beberapa ruas jalan tol.

"Tahap awal implementasi dimulai dengan masa transisi pada beberapa ruas jalan tol, di mana sebagian gardu pada setiap gerbang tol masih dapat menggunakan kartu tol elektronik," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dirilis Kementerian PUPR, Rabu (26/1/2022). MLFF merupakan hasil dari kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Hongaria dengan tujuan meningkatkan sistem pembayaran tol Indonesia. Proyek MLFF diinisiasi pada saat kunjungan Perdana Menteri Hongaria, Mr. Victor Orbán ke Indonesia pada tahun 2016.

Pemerintah Hongaria berinvestasi 100 persen dari proyek ini dengan nilai investasi sebesar Rp4,5 triliun dalam bentuk kerja sama pemerintah dan badan Usaha (KPBU). Investasi dari Pemerintah Hongaria ini menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara yang ramah terhadap investasi.

Adapun, sistem MLFF ini menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) dan melakukan transaksi melalui aplikasi khusus jalan tol di smartphone. Selanjutnya, GPS akan menentukan lokasi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map-matching akan berjalan di central system.

Saat kendaraan keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif.  Penggunaan Global Navigation Satellite System (GNSS) banyak diterapkan di negara-negara Eropa Timur termasuk Hongaria.

Manfaat lain dari kehadiran sistem transaksi MLFF ini yaitu salah satunya adalah efisiensi biaya operasi dan juga meminimalisir bahan bakar kendaraan. Teknologi ini juga telah sukses diterapkan di Hungaria selama lebih dari 7 tahun terakhir, yang dikelola oleh Hungarian Toll Services Company (NUZs). 

Dengan diimplementasikannya sistem ini pengendara tidak lagi perlu berhenti dan kendaraan dapat terus berjalan seperti biasa, sehingga tidak ada lagi antrean pada gerbang tol dan mempersingkat waktu tempuh dan efisien.

Penggunaan MLFF tentunya memiliki manfaat sangat besar karena bisa menghilangkan waktu antrean menjadi nol detik. Manfaat lain adalah efisiensi biaya operasi dan juga meminimalisir bahan bakar kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol bpjt gerbang tol Kementerian PUPR
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top