Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Pungli di Menara Suar Anyer, Ini Respons Kemenhub

Terdapat laporan adanya seorang aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas di Distrik Navigasi (Disnav) Kelas I Tanjung Priok yang telah diamankan oleh Satgas Sapu Bersih (Saber) Pungli Polres Cilegon, akibat diduga melakukan pungutan liar parkir di Menara Suar Anyer.
Pungli/istimewa
Pungli/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mendukung tindakan Polri untuk menindak terduga pelaku pungutan liar (pungli) di Menara Suar Anyer.

Sebelumnya, terdapat laporan adanya seorang aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas di Distrik Navigasi (Disnav) Kelas I Tanjung Priok yang telah diamankan oleh Satgas Sapu Bersih (Saber) Pungli Polres Cilegon, akibat diduga melakukan pungutan liar parkir di Menara Suar Anyer.

"Kami mendukung penuh upaya Kepolisian dalam penanganan kasus dugaan pungli parkir di Menara Suar Anyer dimaksud dengan mengedepankan azas praduga tak bersalah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt. Mugen S. Sartoto, dikutip dari siaran pers, Minggu (8/5/2022).

Mugen menegaskan bahwa tidak mentolerir setiap perbuatan ASN yang terbukti melanggar hukum dan akan memberikan sanksi bagi ASN yang melakukan pelanggaran hukum tersebut.

Sebagai informasi, bahwa saat ini Kementerian Perhubungan melalui Instruksi Menteri Perhubungan Nomor IM 9/2021 melakukan Penerapan Prinsip 4 No's di Lingkungan Kementerian Perhubungan yaitu No Gifts (tidak menerima pemberian hadiah dari pihak yang berkepentingan), No Bribery (tidak menerima suap), No Kickback (tidak menerima balas jasa yang diduga memiliki kepentingan), dan No Luxury Hospitality (tidak menerima pelayanan yang berlebihan/tidak wajar).

Saat ini, Menara Suar Anyer berada di wilayah tugas Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok yang berfungsi sebagai penunjang keselamatan pelayaran untuk kapal-kapal yang melintas.

Di hari tertentu atau hari libur, wilayah menara suar ini dimanfaatkan oleh pemerintah daerah dan karang taruna setempat sebagai tempat wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper