Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenhub Buka Akses Jalan Menuju Menara Suar Tanjung Pemali

Akses jalan di Menara Suar Tanjung Pemali yang berada di Pulau Wawonii, Kabupaten Konawe Kepulauan itu masih berupa tanah sehingga para penjaga Menara Suar dan warga sekitar harus berjalan kaki saat membawa logistik.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 12 Oktober 2021  |  21:45 WIB
Warga terdampak Covid/19 mengikuti program padat karya Pemkab Musi Banyuasin, Sumsel, yakni membersihkan Danau Siarak di daerah tersebut. istimewa
Warga terdampak Covid/19 mengikuti program padat karya Pemkab Musi Banyuasin, Sumsel, yakni membersihkan Danau Siarak di daerah tersebut. istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Kantor Distrik Navigasi (Disnav) Kelas III Kendari tengah melakukaan pengerjaan akses jalan menuju Menara Suar Tanjung Pemali yang sebelumnya terisolir dan tidak dapat dilalui oleh kendaraan.

Kepala Disnav Kelas III Kendari Abdul Kasim mengatakan akses jalan di Menara Suar Tanjung Pemali yang berada di Pulau Wawonii, Kabupaten Konawe Kepulauan itu masih berupa tanah sehingga para penjaga Menara Suar dan warga sekitar harus berjalan kaki saat membawa logistik.

"Kami melakukan program padat karya yang diikuti oleh 40 orang masyarakat sekitar dan berlangsung selama 10 hari dengan upah Rp120.000 per orang per harinya,” ujarnya, Selasa (12/10/2021).

Dia menyebut program padat karya ini meliputi pembuatan jalan setapak yang berjarak 120 meter dan pembersihan lingkungan sekitarnya. 

Adapun tanah yang dijadikan akses jalan menuju Menara Suar Tanjung Pemali tersebut merupakan tanah hibah dari warga bernama Ateng seluas 260 meter persegi.

"Proses hibah tanah tersebut difasilitasi oleh Kepala Desa Langara Tanjung Batu," sebutnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Konawe Kepulauan Andi Muhammad Lutfi menyampaikan apresiasi atas adanya program padat karya untuk membuka akses jalan tersebut.

Menurutnya, pembuatan akses jalan sangat membantu perkembangan infrastruktur di daerah tersebut. Terutama wilayah Kabupaten Konawe Kepulauan yang merupakan daerah baru hasil pemekaran yang baru berusia 7 tahun.

“Kami mengucapkan terima masih dan penghargaan yang luar biasa bahwa pulau kecil ini sangat diperhatikan oleh pemerintah pusat,” imbuh Andi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub padat karya
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top