Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga Daging Jelang Lebaran, Ini Strategi Badan Pangan Amankan Stok

Badan Pangan Nasional menjelaskan strategi mengamankan stok untuk menjaga harga daging jelang Lebaran tetap stabil.
Indra Gunawan
Indra Gunawan - Bisnis.com 27 April 2022  |  09:23 WIB
Pedagang daging sapi segar melayani konsumen, di  Pasar Modern, Serpong, Tangerang Selatan, Senin (2/6/2019). - Bisnis/Endang Muchtar
Pedagang daging sapi segar melayani konsumen, di Pasar Modern, Serpong, Tangerang Selatan, Senin (2/6/2019). - Bisnis/Endang Muchtar

Bisnis.com, Jakarta - Mendekati Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Kepala Badan Pangan Nasional (National Food Agency/NFA), Arief Prasetyo Adi mengatakan stok daging sapi aman dan harganya secara nasional stabil di angka rata-rata Rp134.863/kilogram (kg).

Hal tersebut dikatakannya pada saat meninjau sentra daging di beberapa titik lokasi di Jakarta, bersama Kementerian BUMN Keasdepan Industri Pangan dan Pupuk, PT Berdikari Member of ID Food.

“Jelang Lebaran, dari pantauan harga daging sapi segar secara nasional stabil di kisaran 115.000 - 150.000 per kilogram, bahkan rata - rata harga daging segar di tingkat konsumen secara nasional stabil di harga Rp.134.863/Kg, per 26 April 2022,” tutur Arif, Selasa (26/4/2022).

Arief menambahkan Badan Pangan Nasional telah melakukan strategi untuk menyikapi stabilisasi harga daging dengan menyediakan pilihan alternatif seperti daging sapi beku dan daging kerbau beku yang masih relatif stabil juga harganya yakni kisaran 85.000 - 95.000/kg.

“Jadi masyarakat punya alternatif untuk membeli daging, ada daging sapi segar, daging sapi beku dan daging kerbau beku,” terangnya.

Menurutnya, sebagai upaya menjaga ketersediaan dan stabilisasi harga daging menghadapi HBKN 2022 ini, Badan Pangan Nasional bersama Kementerian BUMN dan PT Berdikari Member of ID Food memastikan stok daging dan harga dengan meninjau secara langsung sentra daging di beberapa lokasi Jakarta lantaran DKI Jakarta merupakan wilayah konsumsi daging tertinggi di Indonesia.

“Kita pantau terus untuk memastikan stok daging ada dan harga juga stabil. Pemantauan harga daging secara langsung ini dapat dilakukan rutin bersama BUMN Pangan agar masyarakat terpenuhi kebutuhannya,”katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Berdikari member of ID Food, Harry Warganegara menambahkan bahwa pihaknya tengah memperkuat jaringan distribusi daging dengan memperluas pasokan untuk men-supply daging sapi, diantaranya Jaringan LotteMart, Toko Daging Best Meat dan Prima Fresh Mart, hingga Mitra reseller daging Perorangan serta sentra - sentra Gerai Daging Berdikari.

"Untuk memastikan distribusi daging sapi serta olahannya dapat merata dan harga yang terjangkau oleh masyarakat, Berdikari yang menerima penugasan daging sapi Brazil dari pemerintah sebanyak 20.000 MT di 2022, memperluas jaringan distribusi daging sapi bekerja sama dengan mitra penjualan di modern market, pasar basah , e-commarce dan jaringan Gerai Daging Berdikari,” ungkap Harry.

Diakuinya, dengan langkah taktis memperluas jaringan distribusi daging sapi, saat ini Berdikari secara rutin telah memasok hingga 36 ton/bulan daging sapi, baik daging beku maupun daging dari sapi hidup ke sentra daging Mitra penjualan dan jaringan Gerai Daging Berdikari.

Harry menambahkan sebagai upaya memenuhi pasokan daging sapi, Berdikari juga turut mengoptimalkan produksi sapi peternak lokal dengan memobilisasi sapi bakalan dari peternak di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Sumbawa dan Nusa Tenggara Barat. Selain itu, mendatangkan sapi bakalan dari Australia pada awal April lalu, sehingga total sapi hidup siap potong saat ini berjumlah 1.481 ekor untuk memenuhi kebutuhan HBKN 2022 dan selalu dipastikan tersedia dengan perputaran sapi hidup rata rata 3000-an ekor per bulannya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

daging sapi harga daging harga daging sapi badan pangan nasional (BPN)
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top