Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhub Cek Kesiapan Kereta Api Jelang Lebaran, Bocorkan Soal Mudik Gratis

Kemenhub memprediksi 7,71 juta pemudik menggunakan kereta api.
Penumpang kereta api Sawunggalih dari Kutoarjo tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (3/1/2022). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Penumpang kereta api Sawunggalih dari Kutoarjo tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (3/1/2022). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam inspeksi ke Stasiun Pasar Senen, Jakarta, menjelang masa mudik Idulfitri. Dalam kunjungan tersebut, Budi membicarakan soal mudik gratis dengan kereta api.

Sebelumnya, Kemenhub mengungkap akan menyelenggarakan program mudik gratis dengan bus untuk penumpang dan truk untuk mengangkut sepeda motor. Budi mengatakan hal yang sama akan diterapkan untuk moda kereta api.

“Untuk kendaraan sepeda motor yang diangkut kereta diberikan gratis, hanya orangnya saja yang bayar tiket kereta. Kalau bus ada kita sediakan untuk penumpagnnya gratis, dan kendaraan truk untuk motornya gratis juga," kata Budi, dikutip dari siaran pers, Kamis(7/4/2022).

Pada kesempatan yang sama, Menko PMK Muhadjir Effendy berpesan agar mudik pertama kali dalam dua tahun pandemi ini bisa dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Dia mengusulkan mudik gratis dengan kereta api diharapkan bisa mengurangi kepadatan di beberapa jalur atau moda transportasi tertentu.

Kemenhub sebelumnya menyampaikan hasil survei yang menemukan bahwa sebanyak 79,4 juta orang berencana untuk melakukan mudik tahun ini. Sebanyak 36,17 juta orang berencana menggunakan kendaraan darat pribadi baik mobil dan motor. Penggunaan kendaraan pribadi jalur darat menjadi yang terbanyak diminati dibandingkan dengan moda lainnya.

Kemudian, sebanyak 24,3 juta orang akan menggunakan kendaraan darat umum, 9 juta menggunakan moda udara, 7,71 juta menggunakan kereta api, serta 1,1 juta menggunakan transportasi laut.

"Saya menyarankan supaya disediakan gerbong khusus mengangkut kendaraan. Sehingga mereka yang akan mudik dengan sepeda motor bisa diangkut dengan kereta api. Nanti motornya bisa digunakan kembali setelah sampai di tempat tujuan. Sehingga nanti mengurangi kepadatan di jalan raya terutama yang berkendara sepeda motor, karena banyak kecelakaan pada masa mudik melibatkan sepeda motor,” terang Muhadjir.

Dalam inspeksinya, kedua menteri melakukan Rapat Koordinasi Kesiapan Angkutan Mudik Lebaran 2022 bersama stakeholder perkeretaapian, serta melakukan peninjauan sarana dan prasarana stasiun, peninjauan Vaksinasi di Stasiun Senen, Pembagian Sembako & Takjil kepada Masyarakat & Penumpang.

Budi berpesan agar Ditjen Perkeretaapian dan PT KAI bersinergi melakukan persiapan dengan baik. Lembaga dan badan usaha tersebut langsung diwakili oleh Dirjen Perkeretaapian Zulfikri dan Dirut PT KAI Didiek Hartantyo.

“Seperti rampcheck, inspeksi jalur, membuat posko-posko, menambah perjalanan dan meningkatkan SDM. Hal itu merupakamn upaya yang baik dan Insya Allah kita bisa mengawal itu," kata Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper