Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Banjir Order, Kemenperin Yakini Kinerja Alas Kaki Bakal Moncer

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meyakini kinerja produksi industri alas kaki akan sepenuhnya pulih pada tahun ini.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 04 Januari 2022  |  22:47 WIB
Pekerja pabrik menyelesaikan proses produksi sepatu.  - Ilustrasi/Bisnis.com/WD
Pekerja pabrik menyelesaikan proses produksi sepatu. - Ilustrasi/Bisnis.com/WD

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meyakini kinerja produksi industri alas kaki akan sepenuhnya pulih pada tahun ini.

Hal itu sejalan dengan proyeksi Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) yang menyebut bahwa produksi alas kaki akan kembali ke angka 1,2 miliar pasang pada 2022.

Direktur Tekstil, Kulit, dan Alas Kaki Kementerian Perindustrian Elis Masitoh mengatakan bahwa akan ada banjir pesanan ke industri alas kaki dalam negeri pada tahun ini dan 2023. Tahun ini, salah satu brand menambah order 67 juta pasang, dan akan bertambah lagi pada tahun depan.

“Tahun depan tambah 100 juta pasang, ini baru dari salah satu brand besar yang menguasai 60 persen ekspor industri. Brand lain juga sedang menambah ordernya ke Indonesia,” katanya kepada Bisnis, Selasa (4/1/2022).

Elis melanjutkan, bertambahnya pesanan tersebut juga diiringi dengan tumbuhnya investasi, baik baru maupun perluasan pada tahun depan.

Menurut catatan Kemenperin, sebanyak 60 persen produksi dipertuntukkan bagi pasar ekspor, sedangkan sisanya 40 persen untuk pasar dalam negeri.

Pasar domestik pun diperkirakan semakin kondusif dengan pelonggaran kegiatan masyarakat dan dimulainya pembelajaran tatap muka di sekolah.

“Dengan adanya pelonggaran mobilitas masyarakat, serta sekolah dan kantor sudah mulai normal, maka diproyeksinya demand di dalam negeri juga akan meningkat,” ujarnya.

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), kinerja industri alas kaki, kulit, dan barang dari kulit, tumbuh 18,12 persen secara year-on-year pada kuartal III/2021. Sementara itu, sampai dengan November 2021, nilai ekspor naik 27,3 persen menjadi US$4,80 miliar.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenperin Industri Alas Kaki
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top