Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kaleidoskop Pangan 2021, Roller Coaster Harga Telur hingga Polemik Minyak Goreng

Harga telur yang naik turun baik roller coaster di Taman Impian Jaya Ancol, meroketnya harga minyak goreng, hingga anjloknya harga daging sapi mewarnai tahun ini.
Iim Fathimah Timorria; Nyoman Ary Wahyudi
Iim Fathimah Timorria; Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 27 Desember 2021  |  17:59 WIB
Pedagang menata telur di Pasar Benhil, Jakarta, Senin (13/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pedagang menata telur di Pasar Benhil, Jakarta, Senin (13/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah bahan pangan sukses membuat panik ibu rumah tangga hingga para peternak di hulu akibat fluktuasi harga yang tajam. 

Harga telur yang naik turun baik roller coaster di Taman Impian Jaya Ancol, meroketnya harga minyak goreng, hingga anjloknya harga daging sapi mewarnai tahun ini.

25 Desember

Harga rata-rata telur ayam ras secara nasional menembus Rp28.600 per kilogram (kg) per 25 Desember 2021. Harga ini naik 11,28 persen dibandingkan dengan bulan lalu dan menyentuh lebih dari Rp30.000 per kg di sejumlah wilayah.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan menjelaskan kenaikan harga dipicu oleh harga pakan yang masih tinggi. Kondisi ini diikuti dengan permintaan yang meningkat menjelang akhir tahun.

3 November

Berdasarkan catatan Kementerian Perdagangan per 3 November 2021, harga eceran nasional untuk minyak goreng curah sudah berada di posisi Rp16.000 per liter atau naik mencapai 13,38 persen dari bulan lalu.

Di sisi lain, harga minyak goreng kemasan naik sebesar 7,88 persen menjadi Rp17.800 per liter dari pencatatan bulan lalu.  Dalam catatan kebijakan Kemendag yang dilihat Bisnis, pemerintah berencana akan menghentikan ekspor minyak sawit mentah untuk meningkatkan nilai tambah produk turunan di dalam negeri. 

Kenaikan tersebut disebabkan karena harga minyak kelapa sawit mentah atau crude palm oil (CPO) internasional yang sudah mencapai di atas US$1.400 per metrik ton. Selain itu, produsen minyak goreng domestik belum sepenuhnya terintegrasi dengan produsen CPO.

7 September

Publik dihebohkan dengan penangkapan seorang pria di Blitar, Jawa Timur saat kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke kota tersebut pada Selasa (7/9/2021).

Pria itu sempat diamankan oleh pihak kepolisian usai membentangkan poster berisikan aspirasinya sebagai peternak ayam petelur saat mobil yang ditumpangi Jokowi melintas di hadapannya. Poster tersebut bertuliskan, "Pak Jokowi bantu peternak beli jagung dengan harga wajar".

8 Oktober

Peternak ayam pedaging dan petelur dari berbagai daerah berencana menggelar aksi protes di istana kepresidenan, menyusul situasi industri perunggasan. Sejak awal tahun, harga jual hasil peternakan unggas kerap berada di bawah harga acuan yang ditetapkan.

“Memang benar. Rencananya aksi 11 Oktober nanti di Istana Negara, ” kata Ketua Bidang Layer Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Leopold Halim, Jumat (8/10/2021).

Leopold mengatakan aksi protes merupakan buntut dari harga jual produk unggas yang memburuk dalam dua bulan terakhir. Sebagai contoh, harga telur di tingkat peternak kini dijual di kisaran Rp15.000 per kilogram (kg) atau di bawah harga acuan Rp19.000 per kg sampai Rp21.000 per kg.

20 Januari

Pedagang daging sapi di wilayah Jabodetabek menggelar aksi mogok jualan selama tiga hari menyusul naiknya harga daging sapi segar. Kenaikan ini dipicu oleh naiknya harga sapi bakalan asal Australia yang pada Januari 2021 menyentuh US$3,9/kg bobot hidup dari US$2,8—3/kg bobot hidup pada Juli 2020.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telur harga pangan minyak goreng Kaleidoskop
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top