Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenkop-Grup Hotel Accor Kerja Sama Serap Produk UMKM

Kerja sama jaringan Accor dengan UMKM tidak berhenti hanya di Hotel Phoenix saja, tetapi dapat diduplikasi ke jaringan grup Accor lainnya. Bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di jaringan internasional.
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki di Jakarta, Jumat (19/6/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki di Jakarta, Jumat (19/6/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) dan perusahaan grup perhotelan Accor menjalin kerja sama penyerapan produk UMKM di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Komitmen kerja sama itu diwujudkan dalam penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara The Phoenix Hotel Yogyakarta-MGallery dengan UMKM Rumah Keju Jogja dan Coklat nDalem. Kedua UMKM tersebut adalah hasil kurasi bersama antara Smesco Indonesia dan grup Accor.

Program itu merupakan kelanjutan dari penandatanganan Nota Kesepahaman antara grup Accor dan Smesco Indonesia tentang Pembentukan Kerja Sama dalam Pengembangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah untuk mendukung Pemulihan Ekonomi pada Bidang Jasa Perhotelan pada 3 April 2021.

Dalam kunjungannya ke The Phoenix Hotel Yogyakarta-MGallery, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki melihat langsung kemitraan hotel dengan para pelaku UMKM yang sudah berjalan.

Dia mengatakan bahwa implementasi antara Kemenkop UKM dan grup Accor sudah menunjukkan kemajuan dan hasil.

Saat ini, sudah ada beberapa produk UMKM yang dikurasi dan kemudian bekerja sama dengan beberapa hotel jaringan grup Accor.

“Saya lihat ditampilkan dengan baik. Ini satu contoh bagus antara produk UMKM dan hotel kerja sama saling mendukung, karena kedua sektor bisnis ini sama-sama mengalami dampak akibat pandemi Covid-19,” kata Teten dikutip dari siaran pers, Sabtu (28/8/2021).

Dia berharap, kerja sama jaringan Accor dengan UMKM tidak berhenti hanya di Hotel Phoenix saja, tetapi dapat diduplikasi ke jaringan grup Accor lainnya. Bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di jaringan internasional.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman menambahkan, Smesco telah mengkurasi bersama sejumlah produk UMKM yang dibutuhkan oleh hotel dan restoran, seperti dekorasi, toiletries, amenities, kebutuhan rumah tangga, minibar, dan kebutuhan restoran.

Saat ini, sudah terkurasi 80 dari 600 UMKM yang memiliki produk unggulan yang dapat memenuhi industri perhotelan.

“Saya berharap melalui kerja sama ini, grup Accor juga lebih banyak lagi menyerap produk-produk UMKM binaan Kementerian Koperasi dan UKM yang telah dikurasi oleh Smesco,” ujarnya.

Sementara itu, Chief Executive Officer Accor Southeast Asia, Japan, South Korea Garth Simmons mengatakan, pihaknya akan melakukan berbagai kemitraan dengan UMKM lokal dan hotel Accor yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kemitraan ini akan terus kami kembangkan, termasuk kerja sama dengan Kemenkop UKM dan Smesco Indonesia,” tambah Simmons.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper